Peristiwa Daerah

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Jember Lampaui 60 Persen

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 | 26.14k
Bupati Jember dr Faida. (Foto: dokumentasi TIMES Indonesia)
Bupati Jember dr Faida. (Foto: dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Perkembangan upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Jember tampak menggembirakan. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pasien sembuh yang terus meningkat.

“Tingkat kesembuhan mencapai lebih enam puluh persen,” kata Bupati Jember dr Faida yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember.

Berdasar data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember per tanggal 5 Agustus 2020, jumlah pasien sembuh sebanyak 253 pasien. 61,11 persen dari kasus keseluruhan.

Jumlah itu lebih besar dari pasien yang masih dirawat sebesar 35,51 persen atau sebanyak 147 orang. Jumlah total pasien konfirmasi positif sebanyak 414 orang.

"Tren peningkatan kesembuhan pasien Covid-19 terjadi sejak 31 Juli 2020 lalu. Sejak itu, tingkat kesembuhan terus meningkat," terangnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Gatot Triyono menambahkan, pada sisi angka kematian pasien Covid-19 diketahui mencapai 3,38 persen atau sebanyak 14 pasien.

Angka kematian itu lebih rendah dari rata-rata nasional dan Provinsi Jawa Timur.

Angka kematian di tingkat Provinsi Jawa Timur sebesar 8 persen. Sedang tingkat nasional sebesar 5 persen.

“Persentase pasien Covid-19 meninggal di Kabupaten Jember lebih rendah dari tingkat provinsi dan nasional,” terang Gatot.

Rendahnya tingkat kematian itu tidak lepas dari upaya proaktif gugus tugas dalam melakukan pelacakan terhadap orang yang terpapar dengan melakukan rapid test dan swab secara massif.

“Sehingga, begitu diketahui positif Covid-19, si pasien kesehatannya masih cukup baik. Tentu saja itu membuat proses kesembuhan lebih cepat,” tutur Gatot. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES