Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Berbelasungkawa Atas Tragedi Ledakan Beirut

Kamis, 06 Agustus 2020 - 11:10 | 101.57k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi mengucapkan belasungkawa atas tragedi ledakan besar di Beirut, Lebanon yang menewaskan 135 orang dan melukai 5.000 orang lainnya. Puluhan orang juga dinyatakan hilang dan 300.000 orang harus mengungsi. 

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi lewat akun Twitter resminya @jokowi, Kamis (6/8/2020). Dia menuliskan belasungkawa dalam bahasa Inggris.

"My deepest condolences to my brothers and sisters in Lebanon. In this tragic and painful incident, Indonesia stands with Lebanon. Our thoughts and prayers are with the families and victims of the devastating explosion in Beirut," tulis Jokowi.

Seperti diketahui, ledakan besar terjadi di area pelabuhan di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020) waktu setempat. Dua ledakan besar ini membuat gedung-gedung bergetar hebat dan warga setempat menyebut ledakannya seperti bom atom.

Dari sejumlah video lainnya tampak awalnya asap putih dengan kobaran api dari lokasi. Lantas tiba-tiba asap itu berwarna oranye hingga muncul ledakan yang disusul terbentuknya gelombang kejut berbentuk awan jamur yang menyapu sekitar lokasi. Gelombang jamur itu sirna dan memunculkan asap hitam.

Ledakan itu sangat besar hingga mengguncang seluruh Kota Beirut dan suara ledakan dilaporkan terdengar di seluruh negara tersebut. Getaran akibat ledakan ini bahkan terasa hingga ke Nikosia, ibu kota dari negara Kepulauan Siprus, yang berjarak 240 kilometer jauhnya.

Presiden Jokowi menyatakan belasungkawa terdalam kepada seluruh korban. Dia menyebut ledakan tersebut sebuah kejadian tragis dan menyakitkan.

"Belasungkawa terdalam saya kepada saudara-saudari di Lebanon. Dalam kejadian tragis dan menyakitkan ini, Indonesia berdiri bersama Lebanon. Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan korban ledakan dahsyat di Beirut," demikian terjemahan bebas pernyataan Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES