Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Pasien Positif Covid-19 Banyuwangi Bertambah Tiga

Rabu, 05 Agustus 2020 - 10:12 | 74.18k
Ilustrasi. (dok/TI)
Ilustrasi. (dok/TI)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pasien positif Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bertambah tiga orang pada Selasa (4/8/2020). Dengan demikian saat ini total pasien konfirmasi covid-19  berjumlah 73 orang, dengan 50 orang pasien sembuh (68,49 persen).

“Kami melaporkan penambahan kasus positif sebanyak tiga orang. Ini berarti sekarang total positif Covid 19 Banyuwangi 73 orang, 50 sembuh, 20 dalam perawatan, dan tiga meninggal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono.

“Sekali lagi, tidak pernah bosan kami mengingatkan pada semua warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan pakai sabun, wajib diterapkan di semua aktifitas selama era pandemi ini,” imbuh Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Rio menjelaskan penambahan kasus positif Banyuwangi konfirmasi 71 merupakan seorang pria (31) asal Kecamatan Glenmore.

“Saat ini kondisi pasien sudah baik, dan menjalani perawatan isolasi di rumah sakit,” ujar Rio.

Selanjutnya pasien konfirmasi 72 juga laki-laki (33) warga Kecamatan Giri, memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Yang bersangkutan bekerja di kabupaten Probolinggo, dan sempat melakukan perjalanan bolak balik Probolinggo-Banyuwangi.

Covid-Banyuwangi.jpgGrafik penambahan jumlah Covid-19 Banyuwangi. (Foto: coronabanyuwangikab.go.id)

Sementara itu, pasien konfirmasi 73 merupakan warga Kecamatan Giri, yang memiliki riwayat kontak erat dengan kerabat dan tamu yang datang dari Surabaya dan Magelang, Jawa Tengah.

“Yang bersangkutan pada 27 Juli lalu juga menerima tamu dari Surabaya. Juga ada kerabat. Pada 1 Agustus mengeluhkan gejala, lalu periksa RSUD Blambangan dan dilakukan pemeriksaan dan rapid test. Hasilnya reaktif, lalu dilanjutkan ambil swab, dan hasilnya positif terinfeksi virus corona," ungkap Rio.

Terkait adanya salah satu pejabat di lingkungan Pemkab Banyuwangi yang konfirmasi Covid 19, Sekretaris Daerah Mudjiono mengatakan bahwa kerja dan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemkab tetap berjalan seperti biasanya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk saat ini, semua pelayanan berjalan dengan normal. Petugas maupun warga tetap harus ketat menjaga aturan. Pakai masker, jaga jarak, dan jaga imunitas tubuh. Kalau ada gejala yang mengarah ke covid, segera pergi ke fasilitas kesehatan. Jangan anggap remeh," tegas Sekda. 

Mujiono juga menambahkan bahwa tracing telah dilakukan Dinas Kesehatan kepada seluruh kontak erat ketiga pasien tersebut. Termasuk seluruh karyawan yang ada lingkup kantor pejabat yang terinfeksi tersebut telah dilakukan pemeriksaan dan rapid test.

"Hasil rapid test-nya, semua karyawan non reaktif. Kami pastikan semua pelayanan tetap berjalan baik. Dan warga tidak perlu khawatir, karena kami telah ada aturan ketat bagi siapapun yang mengakses pelayanan publik di kantor pemerintahan," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES