Pemerintahan

Bertemu dengan Menhan RI, Bambang Kristiono Perjuangkan NTB jadi Penyangga Program Food Estate 

Rabu, 05 Agustus 2020 - 09:22 | 29.30k
Wakil Ketua Komisi I DPR RI H. Bambang Kristiono (Kanan) saat bertemudengan  Menteri Pertahanan (Menhan RI) Prabowo Subianto.(Foto: Dokumen Pribadi HBK)
Wakil Ketua Komisi I DPR RI H. Bambang Kristiono (Kanan) saat bertemudengan  Menteri Pertahanan (Menhan RI) Prabowo Subianto.(Foto: Dokumen Pribadi HBK)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Menteri Pertahanan (Menhan RI) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Wakil Ketua Komisi I H. Bambang Kristiono (HBK) bersama beberapa anggota DPR RI untuk membahas program Food Estate di sejumlah wilayah di Indonesia, Selasa (4/8/2020).

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Kemenhan RI, Jakarta itu, HBK mengusulkan langsung ke Menhan RI Prabowo Subianto agar Pulau Lombok masuk menjadi salah satu daerah penyangga untuk program Food Estate tersebut.

"Diperkirakan ada sekitar 40 ribu Hektar lahan tidur di Pulau Lombok yang bisa dijadikan daerah pertanian strategis. Kalau program ini berjalan, bisa meningkatkan kesejahteraan petani, mengurangi pengangguran dan menciptakan kemakmuran," kata HBK.

Program Food Estate merupakan konsep mewujudkan ketahanan pangan melalui integrasi pertanian, perkebunan, dan peternakan. Program tersebut akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

Presiden Joko Widodo menunjuk Menhan RI Prabowo Subianto menjadi pemimpin program Food Estate atau lumbung pangan nasional ini. Awal Juni 2020, Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo Subianto sudah melakukan kunjungan ke Kalimantan Tengah, sebagai lokasi utama program.

Usulan dan saran HBK tersebut diterima baik oleh Menhan Prabowo Subianto. Kemenhan RI dan kementerian teknis lainnya akan segera menurunkan Tim untuk memeriksa potensi lahan di NTB yang bisa memperkuat program Food Estate ini.

Melalui program strategis nasional Food Estate ini, HBK berjuang agar masyarakat NTB khususnya para petani bisa ikut berkontribusi dan menikmati dampak ekonomisnya.

Ia menegaskan, program Food Estate ini akan menjadi prioritas perjuangan dirinya selaku anggota DPR RI walaupun kiprahnya di DPR RI di Komisi I yang membidangi pertahan, intelijen, kominfo dan luar negri.

"Selain memperjuangkan peningkatan status pelabuhan Teluk Awang dari pelabuhan perintis menjadi pelabuhan Nasional, program Food Estate juga akan menjadi konsentrasi perjuangan saya untuk masyarakat NTB," kata Bambang Kristiono, disela pertemuan dengan Menhan RI Prabowo Subianto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES