Peristiwa Daerah

Saber Pungli Jabar Sebut Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon Tutup Potensi Pungli

Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:01 | 28.21k
Kunjungan Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Drs. Syahri Gunawan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon (FOTO: Devteo MP / TIMES Indonesia)
Kunjungan Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Drs. Syahri Gunawan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon (FOTO: Devteo MP / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Tim Saber Pungli Jawa Barat memantau pelayanan publik yang dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon, sebagai langkah antisipatif terjadinya pungli di sektor pelayanan publik.

Hal itu diungkapkan langsung Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Drs Syahri Gunawan.

"Untuk pencegahan pungli bukan hanya dilakukan kami saja dari propinsi, dan dirasa percuma kalo tidak diimbangi oleh tim dari masing-masing daerah maka hasilnya kurang maksimal," katanya saat ditemui selepas meninjau pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon, Selasa (4/8/2020).

Kedatangannya kali ini sebagai usaha untuk bersinergis dengan daerah-daerah yang ada di Jawa Barat supaya kedepannya tidak ada lagi praktek pungli yang dilakukan oleh kantor pelayanan publik.

"Sampai dengan sekarang kerawanan pungli terjadi dan lebih banyak di sektor pelayanan publik," paparnya.

Dalam kunjungannya kali ini, dirinya mengungkapkan, penerapan pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon sudah baik. Ia juga berkeyakinan jika Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon tidak memberikan ruang nagi seluruh pegawainya untuk melakukan praktek pungli.

"Potensi pungli yang biasa ditemukan di Kantor Imigrasi dalam prakteknya terbiasa untuk mengulur-mengulur waktu dalam proses pembuatan paspor. Pada saat penguluran waktu itu praktek pungli itu biasanya dimainkan," ungkapnya.

Akan tetapi hal itu tidak ditemukan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon yang sudah menerapkan pelayanan yang inovatif dengan memberikan layanan secara prima seperti layanan imigrasi masuk desa, layanan drive thru dan layanan melalui WA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES