Pendidikan

Mudahkan Belajar Daring, Pemuda Tani Iser Majalengka Fasilitasi Internet Gratis

Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:29 | 89.56k
Pemuda Tani Iser yang berada di Dusun Iser, Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesa.
Pemuda Tani Iser yang berada di Dusun Iser, Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesa.

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Ditengah pandemi Covid-19, proses pembelajaran secara daring atau online learning menjadi kebutuhan bagi dunia pendidikan dan dengan adanya kondisi tersebut, fasilitas jaringan internet menjadi  kebutuhan utama bagi para pelajar yang melaksanakan belajar daring.

Namun dalam proses pelaksanaannya, masyarakat di wilayah Kabupaten Majalengka, masih ada yang kesulitan untuk mengakses jaringan internet. Oleh karena itu, untuk memudahkan para pelajar dalam mengakses jaringan internet.

Para Pemuda Tani Iser yang berada di Dusun Iser, Desa Leuwimunding, Kecamatan leuwimunding, Kabupaten Majalengka, secara gotong royong, menyediakan fasilitas jaringan wifi gratis bagi para pelajar.

Salah seorang pengurus, Sanjani mengatakan, pengelolaan jaringan Wifi tersebut, di lakukan di sekertariat Pemuda Tani Iser dengan tujuan untuk memudahkan para pelajar mendapatkan akses internet untuk bisa mengikuti pembelajaran secara daring.

"Upaya ini kita lakukan untuk memudahkan para pelajar yang kesulitan mendapatkan jaringan internet dan kami sediakan secara gratis tanpa dipungut biaya," Ungkapnya Selasa (4/8/2020).

Bahkan, kata dia, selain jaringan internet secara gratis, di Sekretariat Pemuda Tani Iser, juga disediakan makan dan minuman bagi para pelajar yang tengah mengikuti proses belajar daring.

Sedangkan biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, menurut Sanjani bersama pemuda lainnya, pihaknya memproduksi juga menjual masker dengan harga Rp 25 ribu kepada masyarakat umum.

"Dengan harga itu, jika kalkulasikan Rp 10 ribu untuk biaya produksi masker, sedangkan Rp 15 ribu, kita alokasi untuk pembelian paket jaringan internet, sekaligus makan dan minum para pelajar yang mengikuti proses pembelajaran secara daring," Jelasnya.

Selain itu, hal serupa juga diungkapkan pengurus lainnya, menurut Heri, bahwa agar para pelajar bisa terarah dalam menggunakan jaringan internet yang saat ini disediakan, Pemuda Tani Iser juga menyediakan program offline, yaitu membuat ruang baca bagi anak-anak setingkat KOBER, TK dan SD.

Karena tujuan lainnya, lanjut dia, dengan adanya fasilitas online dan offline, selain bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran secara daring, juga anak-anak bisa terarah secara seimbang dan masyarakat sekitar khusus para pemuda bisa lebih melek lagi dengan teknologi juga memancing kembali minat membaca khususnya bagi anak-anak.

"Oleh karena itu, sebagai bentuk donasi kita kepada masyarakat secara jual masker, kami juga membuka donasi buku bacaan anak-anak, silahkan masyarakat yang berkenan mendonasi buku bacaan anak-anak, kami sangat berterima kasih," ungkapnya.

Dirinya juga menambah bahwa di dalam pemuda Tani Iser selain menyediakan fasilitas jaringan internet secara gratis untuk belajar daring, para pemuda juga sedang melakukan agenda sosial lainnya. "Contohnya seperti rak-rak untuk tanaman, kitchen set dan merchandise pun dibuat oleh para pemuda Tani Iser, upaya ini kita terus lakukan, karena pada dasarnya pembentukan Pemuda Tani Iser ini, dibentuk untuk menghimpun kreativitas para pemuda juga menggali potensi dan kearifan lokal," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES