Peristiwa Daerah

Terserang Hama Tikus, Puluhan Hektare Tanaman Jagung di Lamongan Rusak Parah

Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:32 | 41.41k
Sukiman, salah satu petani jagung di Desa Cerme, Kecamatan Bluluk, menunjukkan tanaman jagungnya yang dimakan tikus, Selasa (4/8/2020).(FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Sukiman, salah satu petani jagung di Desa Cerme, Kecamatan Bluluk, menunjukkan tanaman jagungnya yang dimakan tikus, Selasa (4/8/2020).(FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANHama tikus masih menjadi momok bagi petani di Kabupaten Lamongan. Selain membuat ratusan hektare lahan padi mengalami puso, kini hama tikus juga menyerang tanaman jagung.

Puluhan hektare tanaman jagung yang telah siap milik para petani di Lamongan rusak parah akibat serangan hama tikus.

Seperti yang dialami para petani di Desa Cerme, Kecamatan Bluluk. Tikus menyerang hampir seluruh tanaman jagung di wilayah tersebut, hingga tersisa bonggolnya saja.

Menurut Sukiman, salah satu petani setempat, serangan hama tikus tersebut merata. Tidak ada satu lahan pun yang lolos dari serangan hama tikus. Kondisi tersebut membuat para petani merugi karena gagal panen.

"Sejak seminggu lalu sudah habis dimakan tikus. Ya rugi banyak ini, per hektare bisa sampai dua puluhan (juta rupiah) lah," kata Sukiman salah seorang petani desa Cerme, Selasa (4/8/2020).

Sukiman menambahkan, saat ini para petani hanya bisa pasrah dan berharap kepada pemerintah Kabupaten Lamongan membantu petani menangani Hama tikus yang menyerang tanaman jagung hampir setiap tahun tersebut. "Kalau bisa pemerintah membantu para petani agar bisa bangkit lagi," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES