Peristiwa Daerah

Perkuat Tim, PMI Kabupaten Banyumas Bentuk SIBAT

Minggu, 02 Agustus 2020 - 18:04 | 45.54k
Para anggota SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) mulai resmi terjun dalam siaga bencana setelah dilantik Wakil Bupati Banyumas, Sadewa Tri Lastiono. (FOTO: Parsito for TIMES Indonesia)
Para anggota SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) mulai resmi terjun dalam siaga bencana setelah dilantik Wakil Bupati Banyumas, Sadewa Tri Lastiono. (FOTO: Parsito for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Dalam masa pandemi yang berkepanjangan saat ini, PMI Kabupaten Banyumas terus melakukan upaya penanggulangan bencana. Untuk memperkuat kekuatan PMI merekrut relawan baru sebagai anggota SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat).

Sebelum melaksanakan tugas sebanyak 20 orang anggota SIBAT tersebut mengikuti pelatihan di bantaran Sungai Banjaran Kelurahan Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat pada Minggu (02/08/2020). Seusai mengikuti pelatihan, relawan yang baru tersebut dilantik oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.

Kolonel-Arm-Sumanto-2.jpg

Wakil Bupati berharap anggota SIBAT yang baru mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatnya selama pelatihan dan dapat membantu peran PMI dalam penanggulangan bencana khususnya di wilayah perkotaan.

Menurut Sadewo, keterlibatan masyarakat menjadi kunci penting untuk meminimalisir bencana.

“Saya menyambut baik atas dilantiknya anggota SIBAT, ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya untuk membantu memaksimalkan tugas pemerintah untuk mengantisipasi timbulnya bencana maupun mengurangi risiko akibat dari datangnya sebuah bencana. Kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta pelibatan segenap komponen masyarakat menjadi kunci penting untuk meminimalisir resiko akibat dari adanya bencana yang datang di tengah-tengah kita,” katanya. 

Kolonel-Arm-Sumanto-3.jpg

Ke depan pelibatan masyarakat seperti ini untuk ditingkatkan lagi, sehingga terwujud masyarakat Kabupaten Banyumas yang sadar bencana.

Sementara itu salah satu Pengurus PMI Kabupaten Banyumas Ariono mengatakan SIBAT merupakan bagian dari relawan PMI dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana.

“Pembentukan SIBAT merupakan program kerja PMI Kabupaten Banyumas untuk membentuk relawan yang siap terjun langsung dalam kegiatan PMI khususnya dalam kegianan kebencanaan, baik dalam upaya penanggulangan maupun penanganan saat terjadi bencana,” jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES