Peristiwa Daerah

Gempa Bengkulu Turut Dirasakan Warga Pagaralam

Minggu, 02 Agustus 2020 - 16:00 | 28.81k
Gunung Dempo. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Gunung Dempo. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Gempa yang menguncang Bengkulu Selatan Minggu (2/8/2020) sekitar pukul 11.35 WIB yang berpusat di laut 27 KM barat Daya Bengkulu Selatan terasa sampai ke Kota Pagaralam. Meski tidak terlalu besar, Gempa Bengkulu dengan kekuatan 4,8 M itu cukup membuat warga yang ada di kaki Gunung Api Dempo keluar rumah.           

Dikatakan Megian Petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Pagaralam, gempa yang terasa ini bukan berasal dari Kota Pagaralam apalagi berasal dari Gunung Api Dempo, melainkan dari Bengkulu Selatan berdasarkan laporan BMKG Pusat.

"Gempa ini cukup terasa dan terekam dialat seismograf kita dengan kekuatan II MMI alias terasa bagi manusia,” tegas Megian.

“Berdasar informasi, gempa terjadi sekitar pukul 11.35 WIB yang berpusat di laut 27 KM barat Daya Bengkulu Selatan dengan kekuatan 4,8 M,” terangnya.

Megian mengatakan, kejadian gempa tak mempengaruhi kondisi Gunung Api Dempo. Kegempaan masih normal tetap berada di level I Aktip Normal kondisinya masih adem, sedangkan berdasartkan visual puncak dempo terkadang ditutupi kabut.

“Untuk kegempaan nihil baik itu termor, embusan, vulkanik dangkal, vulkanik dalam, hingga tektonik jauh,” terangnya.

Kami juga berpesan kepada masyarakat dan pendaki, agar bersama sama menjaga alat pemancar aktifitas kegempaan Gunung Api Dempo di puncak jangan sampai dirusak karena menyangkut keselamatan banyak warga bermukim di sekitar gunung tidak hanya di Kota Pagaralam, tapi juga warga di Kabupaten Lahat dan Kabupaten Empat Lawang,” pungkasnya usai menjelaskan Gempa Bengkulu yang turut dirasakan warga Kota Pagaralam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES