Peristiwa Daerah

Mengintip Meriahnya Idul Adha Muslim Tengger

Minggu, 02 Agustus 2020 - 11:02 | 24.15k
Pembagian daging hewan kurban di Desa Wonokerto. (FOTO: Sugeng for TIMES Indonesia)
Pembagian daging hewan kurban di Desa Wonokerto. (FOTO: Sugeng for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Perayaan hari raya Idul Adha oleh warga muslim Tengger, tak kalah meriah dengan perayaan di tempat lain. Hingga H+3, suasana hari raya kurban masih begitu terasa. Kendati sebagai warga minoritas, muslim Tengger mampu hidup berdampingan dan menciptakan harmoni dengan warga sekitar. Termasuk saat perayaan Idul Adha.

Informasi yang dihimpun, ada sekitar 50 ekor domba yang disembelih di masjid Al Hikmah, Desa Wonokerto, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jumlah tersebut, lima puluh persennya merupakan sumbangan dari warga setempat. Sisanya sumbangan Darut Tauhid Surabaya.

“Jadi yang terjadi saat ini, sekitar 90 persen daging kurban itu terkonsentrasi di kota. Karena itu kami dari Darut Tauhid Peduli juga berupaya membagikan daging kurban ini ke pelosok desa. Salah satunya adalah muslim Tengger,” kata Ujang Sadeli, Perwakilan Kantor Darut Tauhid Jawa Timur, Minggu (2/8/2020).

Selain mempererat tali silaturahmi, kurban ini juga diharapkan mampu membantu masyarakat setempat yang mengalami perlambatan ekonomi. Karena pengaruh pandemi Covid-19. Lebih jauh, pihak Darut Tauhid Peduli berharap, saudara muslim di lereng Tengger makin beriman dan bertaqwa pada Allah SWT.

Hal itupun disambut baik oleh warga setempat. Sugeng Laksono, salah satu warga berharap, Idul Adha kali ini bisa menimbulkan harapan baru. “Semoga pandemi segera berakhir, masyarakat bisa beraktifitas kembali secara normal. Dan tak kalah pentingnya, melalui perayaan Idul Adha ini silaturahmi dan hubungan antar masyarakat semakin erat, tidak mudah terpecah belah,” harapnya.

Muslim Tengger di Desa Wonokerto, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, sejauh ini mampu hidup berdampingan dan menjalin harmoni, dengan warga sekitar. Walaupun minoritas, tidak pernah ada konflik horizontal yang terjadi. Bahkan pada beberapa perayaan hari besar keagamaan, muslim Tengger dengan warga sekitar, mampu bekerja sama dengan baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES