Peristiwa Nasional

Gus Muwafiq: Gus Im Sosok yang Tidak Bisa Melihat Orang Susah

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 22:37 | 169.34k
Gus Muwafiq saat menghadiri acara pemakaman Gus Im di komplek pemakaman keluarga Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Gus Muwafiq saat menghadiri acara pemakaman Gus Im di komplek pemakaman keluarga Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Meninggalnya KH Hasyim Wahid atau Gus Im menjadi kesedihan mendalam bagi para sahabatnya. Tak terkecuali juga bagi K.H. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq.

Beliau mengisahkan, Gus Im adalah orang yang sangat baik. Dimana, kata Gus Muwafiq, Gus Im adalah manusia yang sangat istimewa. Karena pada masa hidupnya, Gus Im adalah sosok yang tidak bisa melihat orang susah.

"Gak bisa lihat orang susah. Jika melihat orang susah, apapun yang dimilikinya diberikan," katanya kepada awak media saat menghadiri acara pemakaman Gus Im di komplek pemakaman keluarga Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, Sabtu (1/8/2020)

pemakaman-Gus-Im.jpg

Selain itu, kata Gus Muwafiq, sejak bersamanya dulu, almarhum Gus Im sering mengajaknya mendengarkan musik Mettalica.

"Sering konser kecil-kecilan. Terakhir berkomunikasi sebulan yang lalu. Sebelum masuk rumah sakit," ujarnya.

Gus Im dimakamkan di belakang sebelah kiri masjid jami pondok pesantren setempat. Lokasi makamnya tepat sebelah barat makam K Muslih Khasbullah adik kandung dari ibu Muhaimin Iskandar.

KH Abdul Muiz Aziz Masyhuri keponakan Gus Iim mengatakan, letak makam Gus Im itu adalah wasiat dari almarhum Gus Im sendiri saat masih hidup.

“Nanti kalau wafat dimakamkan di Pondok Denanyar, Jombang samping Gus Wahid Aziz Bisri, adik sepupu beliau yang juga teman waktu kecil,” katanya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari, meninggal dunia di RS Mayapada, Jakarta, pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB. KH Hasyim Wahid atau sering disapa Gus Im menghembuskan nafas terakhir tepat di usia 67 tahun karena sakit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES