Pemerintahan

Gerakan BISA di Pantai Balekambang, Selamatkan Pariwisata Kabupaten Malang di Masa New Normal

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:46 | 41.29k
Bupati Malang, Sanusi, Anggota Komisi X DPR RI, Dra Hj Lathifah Shohib dan Ketua DPRD Kabupaten Malang saat membuka Gerakan BISA. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Bupati Malang, Sanusi, Anggota Komisi X DPR RI, Dra Hj Lathifah Shohib dan Ketua DPRD Kabupaten Malang saat membuka Gerakan BISA. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Anggota Komisi X DPR RI, Dra Hj Lathifah Shohib mencanangkan Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/8/2020). Gerakan BISA yang digagas oleh Kemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) ini dalam rangka membangkitkan dan sekaligus menyelamatkan pariwisata di Kabupaten Malang di masa New Normal.

Hadir dalam pencanangan itu, Bupati Malang HM Sanusi, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Dr Made Arya Wedanthara SH MSi.

Anggota Komisi X DPR RI, Dra Hj Lathifah Shohib menjelaskan tentang gerakan BISA ini. "Program BISA ini tahun-tahun kemarin tidak ada. Ini program realokasi karena ada Corona untuk membantu sektor pariwisata," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, program tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membangkitkan sektor pariwisata salah satunya di Kabupaten Malang.

"Ada Rp 105 M yang direalokasikan untuk Covid-19. Saya bilang kepada mas Wisnutama (Menparekraf) selama wisata lock down, harus tetap dirawat," tuturnya.

Sedangkan salah satu penggunaan anggaran realokasi itu kata Politisi PKB ini digunakan untuk program BISA ini yang merawat obyek wisata. 

"Untuk Kabupaten Malang kami pilih di Pantai Balekambang. Karena obyek wisata ini menjadi ikon Kabupaten Malang," tuturnya.

Menurutnya, peserta dari Gerakan BISA ini adalah komunitas lingkungan, pecinta alam serta masyarakat yang ada di sekitar Pantai Balekambang.

"Nantinya para peserta akan melakukan bersih-bersih Pantai Balekambang agar tetap terawat dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan," katanya.

Menurut Lathifah Shohib, dalam Gerakan BISA di Pantai Balekambang ini juga disosialisasikan protokol kesehatan sehingga diharapkan tidak memunculkan kluster baru penyebaran Covid-19 di pariwisata Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES