Peristiwa Internasional

Tidak Ada Laporan Jemaah Haji 1441 H Terinfeksi Covid-19

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 14:01 | 36.14k
Jamaah haji di Masjid Al-haram, Mekah. (FOTO: AFP/STR/via tribunnews)
Jamaah haji di Masjid Al-haram, Mekah. (FOTO: AFP/STR/via tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan tidak ada laporan jemaah haji 2020 yang terinfeksi Covid-19. Seluruh jemaah haji dinyatakan dalam keadaan sehat.

Dilansir Saudi Press Agency, Asisten Menteri Kesehatan dan juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr. Muhammad Al-Abdali, menyatakan tidak ada kasus virus Corona yang tercatat di antara jemaah haji. 

Juru bicara keamanan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Letnan Kolonel Talal Al-Shalhoub, menekankan jemaah haji melakukan rangkaian ibadah haji dengan mengikuti protokol keamanan dengan baik.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyiapkan sekitar 8 ribu tenaga kesehatan dan staf untuk melayani jamaah haji. Saudi Gazette melaporkan kementerian juga menyiagakan enam rumah sakit, 51 klinik kesehatan, dan 200 ambulans untuk perawatan kesehatan bagi jamaah haji di Mekah dan tempat suci lainnya.


Sementara itu, Kepala Staf Perencanaan dan Strategi Penasihat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Omar Al-Maddah, mengatakan bahwa para peziarah tinggal di Muzdalifah sampai pagi Hari Raya Idul Adha. Mereka tiba pada malam Idul Adha yakni pukul 19.30 waktu setempat.

Seperti dilaporkan Arab News, ada 1.686 kasus baru virus Corona di Arab Saudi pada Jumat (31/7/2020). Tetapi tidak ada yang terdeteksi di antara jamaah haji. Total kasus Covid-19 yang dikonfirmasi menjadi 275.905. Kematian terkait Covid-19 di Arab Saudi menjadi 2.866 dengan jumlah total orang yang sembuh naik menjadi 235.658.

Dari kasus-kasus baru, jumlah tertinggi dilaporkan di Mekah dengan 178 kasus. Tetapi jemaah haji tetap bebas Covid-19 pada Jumat (31/7/2020). Meski demikian, Arab Saudi menerapkan sejumlah langkah untuk menjaga jemaah haji dari Covid-19 selama haji terbatas tahun ini. (*)

Edisi-Sabtu-1-Agustus-2020-Jemaah-Haji.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES