Peristiwa Internasional

James Murdoch Tinggalkan Raksasa Media News Corp, Ini Alasannya

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:05 | 32.26k
James Murdoch.(FOTO: The Guardian)
James Murdoch.(FOTO: The Guardian)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJames Murdoch mengundurkan diri dari Dewan News Corp, sebuah raksasa media di Inggris, Jumat (31/7/2020) lantaran adanya ketidaksepakatan atas konten editorial tertentu. Pria 47 tahun itu sendiri adalah anak keempat Rupert Murdoch (88), miliarder pendiri News Corp.

News Corp's News Divisi Inggris memiliki Times, Sunday Times, dan surat kabar The Sun. Aset lainnya adalah Dow Jones, pemilik Wall Street Journal, surat kabar-surat kabar Australia, dan tabloid Australia, Daily Telegraph, the Herald Sun dan the Courier-Mail.

Perusahaan media Murdoch lainnya adalah Fox Corp, perusahaan induk dari Fox News dan jaringan siaran Fox, yang dibuat setelah 21st Century Fox menjual aset hiburannya kepada Walt Disney Company tahun lalu.

Pengunduran diri James Murdoch itu meluruskan hubungan formal terakhir Murdoch dengan media yang didirikan oleh ayahnya itu. Kakak James, Lachlan, 48 mengepalai Fox Corporation dan ia dipandang sebagai pewaris.

Dalam surat pengunduran dirinya, seperti dilansir The Guardian, James Murdoch menulis: "Pengunduran diri saya disebabkan oleh ketidaksepakatan atas konten editorial tertentu yang diterbitkan oleh outlet berita perusahaan dan beberapa keputusan strategis lainnya."

Namun tidak jelas konten editorial mana yang memicu keputusan James Murdoch mundur dari News Corp. Namun baru-baru dikabarkan ada perbedaan pandangan antara James dan Lachlan dalam banyak hal soal News Corp dan Fox Corp. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES