Peristiwa Internasional

Wow, Nama Bonek Persebaya Terukir dalam Perjalanan ke Planet Mars

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 12:05 | 153.85k
Nama Bonek Mania dalam perjalanan luar angkasa menuju planet Mars 2020. (FOTO: NASA)
Nama Bonek Mania dalam perjalanan luar angkasa menuju planet Mars 2020. (FOTO: NASA)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Amerika Serikat. Nama Bonek Persebaya menjadi salah satu nama yang terukir dalam Perseverance yang diberangkatkan lembaga antariksa NASA menuju Planet Mars. Misi luar angkasa ini telah diberangkatkan pada Kamis (30/7/2020) malam dan akan dijadwalkan tiba di Mars pada Februari 2021.

Perseverance merupakan semacam robot berbentuk mobil yang diberangkatkan NASA ke Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel untuk dikirim kembali ke bumi. Segala sesuatu mengenai misi ini bisa dicek di laman https://mars.nasa.gov.

planet-Mars-2020-v2.jpg

NASA membuka peluang kepada warga bumi untuk mendaftarkan nama untuk dibawa dengan Perseverance ke Mars. Menurut situs tersebut, sudah ada 10,9 juta nama yang terbang bersama Perseverance.

Orang yang mendaftarkan nama Bonek Persebaya adalah Yudhiakto Pramudya, anggota Bonek Writer Forum dan dosen fisika Universitas Achmad Dahlan Jogjakarta lulusan Wesleyan University, Connecticut, Amerika Serikat.

."Nama Bonek Persebaya diukir di lempeng silikon. Mengukirnya dengan menggunakan berkas elektron, sehingga bisa menulis jutaan nama yang sudah disetor. Jadi mirip mengukir nama pemenang atau juara (champion) di piala," kata Yudhiakto sebagaimana dikutip dari beritajatim.com, Jumat (31/7/2020).

Planet-Mars-2020-v3.jpg

Yudhiakto sebenarnya iseng saja mendaftarkan nama Bonek Persebaya. "Mereka rutin memberikan kesempatan bagi orang umum untuk kirim nama. Ya sekadar memberikan interaksi dengan penduduk bumi, untuk inklusif juga, bahwasanya setidaknya kita bangga ada nama kita di Mars," katanya.

Namun, menurutnya, setiap misi penjelajahan antariksa itu bersejarah. Jadi, tentu akan lebih membanggakan bila menjadi bagian dari sejarah meskipun cuma sedikit. "Miriplah dengan perasaan seorang suporter yg bela belain nonton klubnya bertanding. Menjadi bagian dari sejarah, meski cuma penonton," kata alumnus SMA Negeri 5 Surabaya ini.

Dengan terdaftar di Perseverance (perjalanan ke Planet Mars) seperti nama Bonek Persebaya ini, Yudhiakto percaya, akan ada semacam keterikatan pemikiran. "Misal, nama saya juga di robot tersebut, saya akan cenderung mengikuti kabar perjalanan robot Perseverance tersebut dari masa ke masa," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES