Peristiwa Nasional

Sapi Presiden RI Jokowi Disembelih Hari Ini di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:58 | 109.70k
Hewan kurban presiden Joko Widodo di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Hewan kurban presiden Joko Widodo di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPresiden RI Jokowi setiap tahunnya berkurban dengan sapi berukuran jumbo di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Pada tahun 2020 ini, hari raya Idul Adha jatuh pada Jumat (31/7/2020) sehingga penyembelihan hewan kurban dilaksanakan H+1.

"Artinya hari Sabtu pukul 06.00 WIB kita mulai. Tapi yang punya Presiden akan kita potong pukul 09.00 pagi bersama dengan sapinya Gubernur Jawa Timur," ungkap H Helmy M Noor, Humas masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (31/7/2020).

Hewan-kurban-presiden-Joko-Widodo-b.jpg

Helmy mengungkapkan bahwa masjid Al-Akbar akan menggunakan mesin modern untuk proses pencacahannya, kemudian kemasannya akan menggunakan besek agar ramah lingkungan.

"Lalu untuk distribusinya kita sudah melakukan pendataan dengan RT/RW di lingkungan Kecamatan Jambangan dan Gayungan, sekitar 2.000 paket," kata pria yang akrab disapa Gus Helmy ini.

Para penerima paket daging kurban cukup berada di rumah, tidak perlu mendatangi masjid Al-Akbar sebab panitia juga tidak menyebar kupon. Tetapi bersama pengurus RT, panitia akan mendatangi  rumah masing-masing penerima. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan.

Hewan-kurban-presiden-Joko-Widodo-c.jpg

Sapi milik presiden diketahui berwarna putih jenis peranakan Ongole dengan bobot mencapai 1.040 Kg. Sapi tersebut didapatkan dari peternak sapi terbaik yang ada di Kabupaten Gresik.

"Sementara yang punya Ibu Gubernur warna dan jenisnya sama, bobotnya 1.010 Kg didapat dari peternak terbaik di Lamongan," jelasnya.

Selain sapi milik Presiden RI Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya juga menerima sapi milik Wakil Gubernur, Sekda Jatim, Kapolda, Pangdam, dan Forkopimda Jatim yang lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES