Peristiwa Daerah

Kurangi Kantong Plastik, Warga Muba Pakai Bungkus Daun untuk Daging Hewan Kurban

Jumat, 31 Juli 2020 - 19:26 | 26.69k
Pemanfaatan dedaunan untuk membungkus daging kurban (Foto : Lingga for TIMES Indonesia)
Pemanfaatan dedaunan untuk membungkus daging kurban (Foto : Lingga for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MUSI BANYUASIN – Suasana Hari Raya Kurban di Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba kali ini tampak berbeda dan lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan bungkus daun untuk daging hewan kurban guna mengurangi sampah plastik.

Sebelumnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengeluarkan Surat Edaran untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik yang digunakan untuk wadah daging kurban.

Ramai-ramai warga Muba terlihat kompak menggunakan wadah alternatif dengan memakai dedaunan hingga bambu untuk membungkus daging kurban, Jumat (31/7/2020).

Daging-Kurban.jpg

Seperti salah satunya di Kecamatan Lalan, tampak warga yang dipantau langsung Camat Lalan Andi Suharto, SSTP, MSi menggunakan daun kelapa yang sudah dianyam sebagai wadah pembungkus daging kurban.

"Jadi di Lalan, sesuai arahan pak Bupati untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai, kami menggunakan daun pisang yang sudah dianyam untuk membungkus daging yang akan dibagikan," ungkap Andi.

Sementara, di Kecamatan Babat Supat tampak warga menggunakan anyaman bambu yang mana sebelumnya pihak Pemerintah Kecamatan dan TP PKK Babat Supat melatih warga dalam pembuatan anyaman bambu untuk wadah daging qurban.

"Nah, hari ini anyaman bambu tersebut bisa digunakan, dan alhamdulillah penggunaan kantong plastik di Babat Supat menurun drastis sesuai arahan pak Bupati," terang Camat Babat Supat Rio Aditya SSTP MM.

Daging-Kurban-1.jpg

Kemudian, di Kecamatan Bayung Lencir warga memanfaatkan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik untuk daging kurban. "Alhamdulillah warga Bayung Lencir sepakat non plastik di hari Idul Adha ini sesuai instruksi pak Bupati," tegas Camat Bayung Lencir, Imron SSos MSi.

Sementara itu, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengatakan upaya penggunaan bungkus daun untuk daging hewan kurban adalah salah satu komitmen dan konsisten Muba dalam mengurangi sampah plastik dan mengimplementasikan go green. "Kantong plastik ini kan sangat sulit hancurnya, mari kita cari alternatif lain penggantinya yang ramah lingkungan, kita jaga bersama-sama kebersihan di Kabupaten Muba ini," ungkap dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES