Peristiwa Daerah

Rayakan Idul Adha, Juragan 99 dan MS Glow Kembali Bagikan Daging Kurban

Jumat, 31 Juli 2020 - 18:00 | 134.68k
Gilang Widya Pramana bersama istri di garasi Juragan 99 yang menjadi tempat penyembelihan hewan kurban, Jumat (31/7/2020).(Foto : Dok.Pribadi)
Gilang Widya Pramana bersama istri di garasi Juragan 99 yang menjadi tempat penyembelihan hewan kurban, Jumat (31/7/2020).(Foto : Dok.Pribadi)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bos Juragan 99 Group dan MS Glow Gilang Widya Pramana menyembelih 9 ekor sapi dan 9 ekor kambing dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini.

Hewan kurban tersebut didistribusikan ke empat kota yakni Bandung, Surabaya, Sidoarjo dan Malang. Masing-masing sapi kurban memiliki bobot seberat 1,5 ton.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1441 H tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-9. Pembagian daging kurban pun tidak dilakukan secara berkerumun tapi langsung disebar ke rumah penerima.

Karena adanya wabah virus Corona, maka tata cara penyembelihan hewan kurban mengikuti protap protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun (3M).

Pendistribusian daging kurban langsung ke rumah mustahik, melakukan pembersihan dan desinfeksi terhadap peralatan sebelum dan setelah digunakan.

"Semuanya itu dilakukan agar terhindar dari risiko penularan Covid-19," ujar Gilang Widya Pramana saat pemotongan hewan kurban di garasi Juragan 99 Trans, Jalan Komud ABD Saleh, Asrikaton, Pakis, Kabupaten Malang, Jumat (31/7/2020).

Juragan-99-2.jpg

Menurutnya, pada dasarnya penyembelihan hewan kurban itu mengandung dua nilai yakni kesalehan individu dan kesalehan sosial. Kesalehan individu berarti dengan berkurban, ia telah melaksanakan perintah Allah SWT sebagai perwujudan pendekatan diri kepada-Nya.

Kurban dikatakan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, juga mempunyai dimensi kemanusiaan. "Bentuk solidaritas kemanusiaan ini termanifestasikan secara jelas dalam pembagian daging qurban," tutur founder MS Glow For Men ini.

Menurut Gilang, penyembelihan hewan kurban menjadi agenda rutin setiap tahun yang dilakukan Juragan 99 Group yang menaungi sejumlah unit bisnis seperti MS Glow, Juragan 99 Trans, MS Glow For Men, Juragan 99 Cargo, PT. Kosmetika Global Indonesia, Sei Sapiku Malang, Juragan 99 XAR Drivting Academy dan lainnya.

"Sumber dana untuk qurban ini dari anggaran untuk program Corporate Sosial Responsibiliti (CSR) Juragan 99 Group," ungkap Gilang.

CSR ini, kata Gilang, dilaksanakan rutin tiap bulan dengan agenda yang berbeda. Mulai pemberian bantuan kepada panti asuhan, pemberian fasilitas komputer kepada anak yatim, pembangunan masjid dan lainnya.

"Saat pandemi Covid-19, MS Glow juga tida berhenti melakukan proyek sosial dengan menyalurkan miliaran rupiah untuk warga yang terdampak Covid-19 atau bantuan pemberian APD bagi tim medis rumah sakit," jelas Gilang.

Sementara di sisi lain, lanjutnya, Idul Qurban ini bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi yang terhempas pandemi di era adaptasi kebiasaan baru ini. Tingkatan kepedulian antar sesama melalui interaksi sosial yang terjalin, bisa menjadi ruh dan semangat baru dalam menghadapi pandemi Covid-19 di era new normal saat ini.

"Semoga dapat disatukan melalui penyembelihan dan pembagian daging kurban," harap bos Juragan 99 Group dan MS Glow, Gilang Widya Pramana di momen Idul Adha kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES