Indonesia Positif

Encek dan Daun Jati Favorit Pembungkus Daging Kurban di Ponorogo

Jumat, 31 Juli 2020 - 14:38 | 72.07k
Encek dan daun jati banyak dipilih sebagai pembungkus daging kurban mengurangi sampah plastik. (FOTO: Bonari/TIMES Indonesia)
Encek dan daun jati banyak dipilih sebagai pembungkus daging kurban mengurangi sampah plastik. (FOTO: Bonari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Cara menarik dilakukan panitia penyembelihan hewan kurban di Masjid Al-Munawaroh Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Ponorogo. Untuk mengurangi plastik, pembagian daging hewan kurban di masjid ini, ditempatkan dalam wadah encek atau tempat khusus yang terbuat dari pohon pisang.

Muhsini, Takmir Masjid Al-Munawaroh menjelaskan, di desanya, terutama di masjidnya, pembagian daging kurban selalu menggunakan bahan yang mudah terurai dan tidak menjadi sampah sulit diurai. "Kami selalu menggunakan bahan yang mudah terurai, seperti encek. Bahan ini tidak mengakibatkan sampah, malah bisa buat pupuk kalau sudah terurai atau membusuk," kata Muhsini kepada TIMES Indonesia, Jumat (31/7/2020).

"Sebanyak 19 ekor kambing setelah disembelih langsung dibagikan kepada masyarakat," tambahnya.

daging-kurban-daun-jati.jpg

Sementara di Dukuh Pagerukir, Desa Pagerukir, Sampung, Ponorogo masyarakat menggunakan daun jati untuk membungkus daging kurban sebelum dibagikan kepada warga. Penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di area Musala Darul Hikma. 

Supriyanto, Kaur Perencanaan Desa Pagerukir mengatakan, bahwa hal itu merupakan langkah hemat sekaligus sehat sejalan dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi sampah plastik.

“Tujuan kami menggunakan daun jati sebagai bungkus daging kurban adalah bentuk kepatuhan kepada imbauan pemerintah sekaligus membiasakan hidup sehat mengurangi plastik sebagai wadah. Dan tentunya hemat juga,” ujarnya. 

“Daun jati melimpah di tempat kami, warga tak perlu susah payah mencarinya,” jelas Supriyanto yang juga Ketua Ranting GP Ansor Pagerukir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES