Peristiwa Daerah

Patuhi Protokol Kesehatan, Pesantren Tebuireng Jombang Pisah Lokasi Jamaah Shalat Id

Jumat, 31 Juli 2020 - 11:49 | 114.23k
Shalat Id di Masjid Ulul Albab Pesantren Tebuireng Jombang patuhi protokol kesehatan. (foto: tebuireng for TIMES Indonesia)
Shalat Id di Masjid Ulul Albab Pesantren Tebuireng Jombang patuhi protokol kesehatan. (foto: tebuireng for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Penyelenggaraan Salat Idul Adha di Pesantren Tebuireng Jombang tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan, lokasi salat antara santri dan masyarakat sekitar juga dipisahkan.

"Masjid utama Pesantren Tebuireng kami khususkan untuk santri dan pengurus. Sedangkan masyarakat sekitar kami siapkan lokasi salat di Masjid Ulul Albab, yang berada di samping Pondok Putri," kata juru Bicara Gugus Tugas Pesantren Tangguh Tebuireng Nur Hidayat, Jumat (31/7/2020) pagi.

tebu-ireng-d.jpg

Hidayat menambahkan, pembagian lokasi jamaah ini juga berlaku untuk pelaksanaan salat Jumat. "Kebijakan tersebut berlaku mulai salat Jumat hari ini hingga ada pemberitahuan lebih lanjut," imbuh dia.

Kebijakan ini diambil, kata Hidayat, seiring dengan mulai kembalinya santri dan akan segera dimulainya aktivitas pembelajaran di pesantren. "Kami ingin memastikan bahwa seluruh jamaah salat bisa menjaga jarak fisik yang aman sesuai protokol kesehatan," tegasnya.

tebu-ireng-b.jpg

Meskipun dipisahkan dengan santri, masyarakat yang melaksanakan salat Id dan salat Jumat di Masjid Ulul Albab juga tetap diwajibkan memenuhi protokol kesehatan. 

Selain Masjid Ulul Albab, santri putri Tebuireng juga menyelenggarakan salat Id di lokasi terpisah. Mereka menggelar salat Id di kompleks Pondok Putri Tebuireng dengan imam dan khatib perempuan.

tebu-ireng-c.jpg

Masjid Ulul Albab Pesantren Tebuireng Jombang dibangun di era kepemimpinan KH Yusuf Hasyim. Masjid ini merupakan hadiah dari Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat Pesantren Tebuireng merayakan Satu Abad Pesantren Tebuireng pada 1999. Sebelum pandemi, masjid tersebut tidak difungsikan sebagai lokasi salat Jumat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imam Kusnin Ahmad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES