Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

Ketua MUI Kota Madiun: Jadilah Pemimpin Seperti Nabi Ibrahim

Jumat, 31 Juli 2020 - 11:04 | 41.17k
Shalat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun. (FOTO: Aditya C/TIMES Indonesia)
Shalat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun. (FOTO: Aditya C/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, MADIUN – Jadilah pemimpin seperti Nabi Ibrahim AS. Itulah inti khutbah Idul Adha di Masjid Agung Kota Madiun oleh Ketua MUI KH. Sutoyo, Jumat (31/7/2020).

Dalam khutbahnya, Ketua MUI Kota Madiun bercerita tentang sosok kepemimpinan Nabi Ibrahim AS yang selalu taat kepada perintah Allah SWT. Karena cintanya sangat besar kepada Allah, berbagai ujian Allah berikan kepada Nabi Ibrahim.

Seperti kisah Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih Ismail AS dan meninggalkan keluarga yang sangat dicintainya. Namun Nabi Ibrahim tetap melaksanakan perintah itu dan menitipkan semuanya kepada Allah.

Shalat-Idul-Adha-di-Masjid-Agung-Baitul-Hakim-Kota-Madiun-2.jpg

Nabi Ibrahim bertanya kepada anaknya. "Wahai anakku, aku melihat dalam mimpiku bahwa aku menyembelih engkau, bagaimana pendapatmu, Nak?."

Lalu Ismail AS menjawab pertanyaan ayahnya. "Wahai ayahku, lakukan saja apa yang diperintahkan oleh Allah kepadamu. Engkau akan mendapati aku Insya Allah termasuk orang-orang yang sabar.”

Di sini terlihat, kata khotib, begitu besarnya cinta Nabi Ibrahim dan Ismail AS kepada Allah SWT, yang selalu menjalankan perintah yang diberikan oleh Allah. Lalu Allah gantikan Ismail dengan domba besar yang berwarna putih dari surga.

Shalat-Idul-Adha-di-Masjid-Agung-Baitul-Hakim-Kota-Madiun-3.jpg

"Tidak ada amalan yang paling mulia selain berkurban sapi, kambing atau pun unta. Untuk membeli mobil saja bisa tetapi berkurban saja sulit," ujar Ketua MUI Kota Madiun, Sutoyo saat berkutbah di Masjid Agung Baitul Hakim.

Sutoyo menambahkan penyelenggaraan Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Hakim Kota Madiun menerapkan protokol kesehatan didampingi oleh Pendekar Waras yang melakukan cek suhu dan memberi handsanitizer di dua checkpoint sebelum masuk masjid.

"Datang ke masjid menggunakan protokol kesehatan, Insya Allah taat semua dan berinisiatif agar dapat menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Itu adalah contoh cinta kepada Allah seperti kisah Nabi Ibrahim AS," ungkapnya.

Sementara itu kegiatan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun juga dihadiri oleh Wali Kota Madiun H. Maidi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES