Peristiwa Daerah

Nginap di Hotel Agar Bisa Shalat Idul Adha di Masjid Jogokaryan

Jumat, 31 Juli 2020 - 10:09 | 64.71k
Suasana Shalat Idul Adha di Masjid Jogokaryan Kota Yogyakarta, DIY. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Suasana Shalat Idul Adha di Masjid Jogokaryan Kota Yogyakarta, DIY. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sama seperti Hari Raya Idul Adha sebelumnya, tahun 1441 H - 2020 Masehi ini Masjid Jogokaryan Kota Yogyakarta, DIY menggelar shalat Ied. Dalam situasi pandemi Covid-19, shalat Idul Adha tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Terbukti saat wartawan ikut shalat di tempat ini, Jumat (31/7/2020) harus menjalani cek suhu. Panitia juga senantiasa mengingatkan soal penggunaan masker dan jaga jarak.

Terlihat, sejak sekitar pukul 05.40 pagi, para jamaah sudah terlihat berdatangan. Terlebih jelang dilaksanakan shalat yang dimulai pukul 06.30 WIB. Mereka langsung diarahkan membuat barisan (shaf) di  sepanjang Jalan Jogokaryan.

Suasana-Solat-Ied-Idul-Adha-b.jpg

Tidak butuh waktu lama ratusan atau bahkan ribuan jamaah terlihat memenuhi tempat ini. Yakni, sepanjang Jalan Jogokaryan, mulai dari samping masjid yang dikenal bersaldo nol ini. Mengarah ke timur hingga lampu merah SPBU Jogokaryan, kisaran 200 meter jaraknya. Tak hanya sepanjang jalan tadi, halaman atau tempat kosong juga terisi Jamaah Sholat Ied. Sementara selaku Imam dan Khotib Ustad Salim A. Fillah ini.

Usai shalat Idul Adha, dalam khutbahnya , Ustad Salim A. Fillah menyampaikan tentang nikmat yang paling utama dihajatkan untuk menghadapi segala ujian yakni nikmat iman. Menurutnya, Idul Adha ada di bulan Zulhijah. Merupakan salahsatu dari empat bulan mulia (haram). Bulan Haram dalam Islam terdiri dari 4 bulan yakni Muharram,  Rajab, Dzulqaidah, dan Zulhijah.

Ustad Salim A. Fillah mengatakan, Allah SWT mengkhususkan empat bulan tadi sebagai bulan haram (bulan yang dimuliakan). Sebab, jika berbuat dosa pada bulan-bulan tersebut, dosanya akan lebih besar dibandingkan bulan yang lain. Sebaliknya, bila berbuat amal saleh, maka ganjaran pahala kebaikan yang diperoleh akan dilipat gandakan

"Meskipun diantara ke empat bulan haram yang paling utama yang paling mulia adalah sepuluh hari di awal di bulan Zulhijah yang telah kita lewati. Di bulan Zulhijah ini kita masih punya waktu dua puluh hari kedepan hingga bulan Muharram sebagai hari yang penuh kemuliaan," terangnya.

Dikatakan dalam pandemi Covid-19 saat ini, sebagian kesulitan mencari nafkah, atau ada tetangganya yang bahkan kehilangan pekerjaan. Maka saat Idul Adha bisa dijadikan momentum untuk berbagi dan terus menjadi tetangga yang baik bagi orang disekitar kita.

Hebatnya, para jamaah ini tidak hanya warga sekitar saja, sejumlah anggota keluarga yang ingi solat Ied ternyata memilih menginap di hotel seputaran Masjid Jogokaryan.

Menurut pengakuan mereka, lantaran masjid Jogokaryan, dipastikan menyelenggarakan Shalat Ied Idul Adha 1441 H - 2020 dan boleh di ikuti oleh jemaah atau warga lainnya.

Meski menginap di hotel, beberapa keluarga yang ditemui menginap di hotel ini ternyata masih warga DIY. Seperti, Safitri, 42 tahun mengatakan datang bersama keluarganya sejak semalam. Safitri sengaja menginap di hotel demi dapat melaksanakanan shalat Id di Masjid Jogokaryan.

Mengingat beberapa masjid hanya menerima, jamaah setempat. Sementara lainnya belum ada kepastian akan menggelar shalat Ied atau tidak. Termasuk masjid dekat rumahnya. Warga Bantul Barat ini mengaku, dengan menginap dekat masjid Jogokaryan dirinya dapat datang lebih awal.

"Senang rasanya, bisa Sholat Ied, apalagi di tempat ini," akunya.

Sementara di halaman hotel yang tak jauh letaknya di timur Masjid Jogokaryan ini. Terlihat puluhan motor dan belasan mobil jamaah yang terparkir. Mereka adalah warga luar yang juga ingin shalat Idul Adha di tempat ini. Panitia terlihat mengarahkan dan menata kendaraan. Tidak ada yang menggunakan kesempatan menarik ongkos parkir apalagi diluar tarif sewajarnya di Kawasan Jogokaryan Kota Yogyakarta ini. Yang ada hanya kotak bertuliskan infaq parkir seikhlasnya. Inilah salah salah satu kelebihan managemen Masjid Jogokaryan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES