Peristiwa Internasional

Indonesia-China Sepakat Kembangkan Vaksin Covid-19

Jumat, 31 Juli 2020 - 10:16 | 30.58k
Pertemuan bilateral secara virtual Menlu Retno Marsudi dengan Menlu China, Wang Yi. (FOTO: Kemenlu)
Pertemuan bilateral secara virtual Menlu Retno Marsudi dengan Menlu China, Wang Yi. (FOTO: Kemenlu)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIndonesia dan China sepakat berkolaborasi mengembangkan vaksin Covid-19 antara Bio Farma dan Sinovac yang saat ini telah memasuki uji klinis tahap-3 di Indonesia.

Kesepakatan itu terjadi pada pertemuan bilateral virtual antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (State Councilor), Wang Yi, dalam menghadapi pandemi Covid-19, Kamis (30/7/2020).

Kesepakatan itu juga dituangkan dalam bentuk percepatan penanganan Covif-19 dan upaya bersama pemulihan ekonomi nasional.

Pertemuan tersebut  menjadi sangat penting untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Karena tahun 2020 ini merupakan momentum peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China

Dalam kesempatan tersebut Menlu Retno Marsudi menegaskan, pentingnya jaminan ketersediaan bahan baku untuk produksi vaksin dan jaminan harga vaksin yang terjangkau.

Kedua Menlu juga membicarakan kerja sama percepatan pemulihan ekonomi melalui pemulihan pergerakan arus ekspor impor, kelanjutan pembangunan proyek strategis nasional dan proyek investasi yang melibatkan China di Indonesia.

Selain itu, juga dibahas rencana kerja sama pengaturan koridor perjalanan (Travel Corridor Arrangement/TCA) yang diharapkan bisa segera difinalisasi dalam waktu dekat.

Kegiatan perjalanan bisnis esensial sesuai dengan protokol kesehatan diharapkan dapat mendongkrak aktivitas ekonomi yang aman dan produktif antara kedua negara.

Menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan mitigasi dampak sosial-ekonominya, Indonesia dan China perlu terus membangun kerja sama untuk menjaga perdamaian dan keamanan serta pemulihan ekonomi di kawasan.

Sebagai negara kunci di kawasan, perkembangan isu-isu strategis di kawasan termasuk di Laut China Selatan dan polemik hubungan antara AS-China juga menjadi perhatian bersama.

Menlu Retno Marsudi menyerukan seruan agar semua pihak bisa menjaga situasi dan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan perbedaan dan perselisihan melalui dialog dan cara damai. 

Selain membahas kolaborasi mengembangkan vaksin Covid-19 antara Bio Farma dan Sinovac yang saat ini telah memasuki uji klinis tahap-3 di Indonesia juga disinggung kasus ABK WNI yang bekerja di kapal China. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES