Indonesia Positif

Tanggap Ancaman Kemarau, Kades Semanding Ponorogo Pimpin Bangun Sumur Bor

Kamis, 30 Juli 2020 - 23:07 | 65.05k
Selamatan dalam rangka pembangunan sumur bor di Desa Semanding, Jenangan, Ponorogo. (Foto: Khoirul Nizam Muhammad/TIMES Indonesia)
Selamatan dalam rangka pembangunan sumur bor di Desa Semanding, Jenangan, Ponorogo. (Foto: Khoirul Nizam Muhammad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Tanggap dengan kondisi kemarau, Kepala Desa Semanding, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Yoso memimpin gotong royong bersama warganya membangun sumur bor. Tujuan pembuatan sumur bor tersebut untuk mengairi sawah warga karena di musim kemarau biasanya sulit air.

Sebelum melakukan pengeboran sumur, masyarakat Desa Semanding mengadakan acara selamatan di sekitar lokasi yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat, Kamis (30/7/2020). Hal ini dilakukan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pada saat kegiatan pengeboran berlangsung, tidak ada kendala apapun sehingga pembangunan dapat berjalan lancar.

pembangunan-sumur-bor.jpg

“Anggaran bersumber dari Dana Desa, dan sawag yang bisa diairi sumur bor tersebut seluas 23 hektare," ujar Jamal Musthofa, BPD Desa Semanding, kepada TIMES Indonesia. 

Selama ini, lanjutnya, para petani hanya mengandalkan tadah hujan dan pengairan sungai untuk mengairi sawah mereka.

pembangunan-sumur.jpg

Warga sangat antusias dan menyambut positif program desa tersebut. Hal ini terlihat dari kekompakan warga saat pembangunan. Warga berharap di masa pandemi Covid-19 ini dapat meringankan beban para petani terkait dengan pengairan sawah mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES