Peristiwa Daerah

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat New Normal, Bandara Juanda Tambah Jam Operasional

Kamis, 30 Juli 2020 - 21:20 | 92.42k
Penumpang yang akan naik pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda. (Foto: Humas Juanda)
Penumpang yang akan naik pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda. (Foto: Humas Juanda)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bandar Udara Internasional Juanda menambah jam operasional sejak Jumat (17/7) lalu. Hal tersebut dilakukan pihak Bandara Juanda guna mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang di kala new normal.

Jam operasional bandara kini dimulai dari pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB (16 jam operasional), sebelum era new normal jam operasional bandara dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB (12 jam operasional).

“Kami telah mengevaluasi terlebih dahulu terkait penambahan jam operasional. Selama periode Bulan Juli 2020 rata-rata penumpang per hari adalah sejumlah 10 ribu dengan 125 penerbangan per hari. Sementara jumlah pergerakan penumpang dan pesawat harian tertinggi terjadi pada tanggal 29 Juli dengan jumlah penumpang 13.575 dan 154 pergerakan pesawat. Sehingga, kami rasa perlu untuk melakukan penambahan jam operasional guna mengantispasi penumpukan dan lonjakan penumpang di fase new normal ini,” ujar Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo selaku General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Kamis (30/7/2020).

Heru mengatakan bahwa selain menambah jam operasional bandara, rencananya Notice of Airport Capacity (NAC) pun bertambah setelah dilakukan evaluasi bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah III dan Airnav Indonesia.

“Sebelumnya NAC Bandara Juanda adalah 13 pergerakan pesawat per jam, ke depan akan bertambah menjadi 25 pergerakan pesawat per jam yaitu 9 penerbangan keberangkatan, 11 penerbangan kedatangan, dan 5 penerbangan ireguler,” imbuhnya.

Sedangkan untuk fasilitas layanan penumpang, Bandar Udara Internasional Juanda juga menambah 5 gate dan ruang tunggu demi kenyamanan penumpang. Total keseluruhan terdapat 12 gate yang dapat digunakan untuk menampung calon penumpang sehingga physical distancing tetap berjalan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Heru menambahkan bahwa setiap 10 menit Bandar Udara Internasional Juanda melakukan announcement himbauan penerapan physical distancing.

“Petugas aviation security dan terminal inspector yang berjaga juga ikut mengawasi penerapan physical distancing di seluruh area terminal bandara,” tambah Heru.

Menurutnya saat ini tidak ada lagi kerumunan maupun berdekatan tanpa jarak 1.5 meter. Selain itu seluruh gerai komersial juga melakukan penerapan physical distancing sesuai SOP.

"Maka dari itu, tak henti-hentinya kami menghimbau untuk para pengguna jasa bandara agar tertib dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan new normal di Bandara Juanda,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES