Peristiwa Nasional

Jusuf Kalla Meminta Protokol Kesehatan Tetap Diterapkan dalam Shalat Idul Adha

Kamis, 30 Juli 2020 - 19:20 | 32.47k
Tangkapan layar saat Konperensi pers di Youtube BNPB (foto: Youtube BNPB)
Tangkapan layar saat Konperensi pers di Youtube BNPB (foto: Youtube BNPB)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengimbau seluruh umat muslim yang merayakan Hari Raya Idul Adha dan menggelar shalat Idul Adha pada Jumat esok dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Hal ini bertujuan menghindari dari pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia. "Hari raya besok, tentu kita harus rayakan dengan penuh disiplin," ujar Jusuf Kalla secara virtual pada Kamis (30/7/2020).

Jusuf Kalla mengatakan, dengan mematuhi secara disiplin protokol kesehatan, kita berusaha mencegah musibah yang lebih besar yakni meningkatnya kasus positif Covid-19 di dalam negeri. Mengingat, banyak dari masyarakat dalam perayaan Idul Adha melakukannya ibadah secara beramai-ramai.

Pada perayaan Idul Adha tahun ini, Jusuf Kalla mengatakan, kepada seluruh umat muslim untuk dapat lakukan tiga hal penting yakni selalu memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan rutin. Tiga hal tersebut merupakan faktor yang sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19.

"Kedisiplinan untuk merayakan hari raya Idul Adha besok hari adalah suatu kemutlakan," paparnya.

Selanjutnya, kepada seluruh pengurus masjid, Ia mengingatkan senantiasa menjaga kebersihan. Usahakan untuk melakukan sterilisasi bagian dalam dan luar masjid sebelum dilakukan solat Idul Adha.

"Ingatkan kepada para jamaah untuk membawa alat shalat masing-masing dan karena pada perayaan Idul Adha akan bertepatan dengan ibadah wajib shalat Jumat," imbuhnya.

Jadi, pengurus harus melakukan hal yang serupa setelah shalat Idul Adha dan sebelum shalat Jumat. Kebersihan sangat penting dalam menjaga masyarakat terhindar dari infeksi Covid-19.

"Idul Adha pagi hari, dan siang hari shalat Jumat. Hal itu tentu akan diberikan perhatian bahwa sebelum shalat Idul Adha, masjid-masjid harus dibersihkan, disterilkan dengan disinfektan dengan baik," kata Jusuf Kalla selaku Ketua Umum DMI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES