Peristiwa Daerah

Distanbunakhut Kabupaten Cirebon: Daging Hewan Kurban Harus Diantar Petugas

Kamis, 30 Juli 2020 - 17:30 | 19.35k
Kepala Distanbunakhut, Ali Efendi Memperlihatkan SE Pemotongan Hewan Qurban. (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
Kepala Distanbunakhut, Ali Efendi Memperlihatkan SE Pemotongan Hewan Qurban. (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONDistanbunakhut Kabupaten Cirebon (Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon)  memberikan arahan bagi prosesi pemotongan hewan kurban ditengah masa pandemi Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) terkait protokol kesehatan pemotongan hewan kurban.

Kepala Distanbunakhut, Ali Efendi, mengatakan, edaran tersebut berisi protokol kesehatan tentang tata laksana dan proses pelaksanaan kurban dimasa pandemi Covid-19. Menurut Ali, ada beberapa ketentuan dalam surat edaran tersebut, diantaranya mengatur siapa saja yang boleh berada dilokasi penyembelihan hewan kurban hingga teknis pembagian hewan kurban.

"Ada beberapa ketentuan dalam surat edaran itu, terutama siapa aja yang boleh ada di lokasi penyembelihan hewan kurban," paparnya.

Ali menyebutkan, yang boleh berada dilokasi pemotongan hewan kurban hanya pihak yang berkurban dan panitia atau petugas pemotongan hewan kurban saja.

"Untuk masyarakat tidak diperkenankan, karena akan membuat kerumunan," kata Ali, Kamis (30/7/2020).

Lebih jauh Ali menambahkan, surat edaran tersebut juga mengatur pendistribusian daging kurban. Panitia tidak boleh mengumpulkan para mustahik atau penerima disatu titik. Menurut Ali, daging kurban harus diantarkan kerumah penerima agar tidak terjadi penumpukan dan pengumpulan massa dalam jumlah banyak disatu lokasi.

"Pendistribusian daging juga diatur dalam surat edaran itu," ungkapnya.

Ditambakan Ali, surat edaran tersebut sudah disebar Distanbunakhut Kabupaten Cirebon ke masjid, desa dan kelompok-kelompok pengelola hewan kurban. "Kita sebar ke masjid-masjid, ke desa-desa dan kepihak-pihak terkait lainnya sudah sejak H-30 yang lalu. Mudah-mudahan tidak ada kendala," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES