Peristiwa Daerah

Pemprov Sumsel Sudah Pasang Jaringan Internet Desa di 34 Desa

Kamis, 30 Juli 2020 - 17:59 | 204.89k
Ilustrasi internet Desa. (Foto: Datariau)
Ilustrasi internet Desa. (Foto: Datariau)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Masa pandemi Covid-19 Pemprov Sumatera Selatan terus memaksimalkan program internet desa. Pemprov Sumsel mencanangkan setiap desa diberikan dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis dengan kecepatan internet 5 Mbps setiap bulannya.

"Kantor desa dan area publik di desa akan menjadi titik pemasangannya. Sampai saat ini yang telah terinstalasi jaringan internet desa sebanyak 34 Desa/Kelurahan di Seluruh Sumsel,"ujar Gubernur Sumsel Herman Deru kepada Pers, Kamis (30/7/2020).

Tidak hanya jaringan internet, Pemprov Sumsel juga memfasilitasi Web Desa dimana untuk tahun  2019 lalu sebanyak 170 Desa mendapat Web Desa yang terintegrasi Internet Desa. 

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan saat ini diupayakan penambahan jaringan internet gratis agar semua Kelurahan /Desa di Sumsel dapat mengakses fasilitas layanan tersebut. 

"Awalnya ide menghadirkan Program Internet Desa itu hanya bicara tentang peningkatan komunikasi produsen khususnya petani ke pembeli agar ada interaksi  termasuk informasi soal harga. Tapi ternyata di masa pandemi internet desa ini justru menjadi bonus," ungkap mantan Bupati OKU Timur ini.

Kemudian, saat study from home (SFH) internet desa inilah yang sangat menunjang. Karena itu pihaknya minta Kominfo tetap sandang tupoksinya memperluas internet ini ke desa-desa karena internet desa gagasan gubernur ini disambut baik masyarakat.

"Kita harus pikirkan bagaimana anak-anak sekolah yang jauh dari internet ini kita dekatkan internet. Dan yang gaptek jadi melek, dan kita harap nanti ke depan  tidak ada desa yang tidak teraliri internet desa di Sumsel," terang orang nomor satu di Pemprov Sumsel ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES