Peristiwa Daerah

Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pagaralam Cek Keamanan Sel

Kamis, 30 Juli 2020 - 16:32 | 29.76k
 Kapolres Pagaralam, didampingi Kasat Tahti mengecek kondisi sel tahanan di Mapolsek Pagaralam Utara. (FOTO: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Kapolres Pagaralam, didampingi Kasat Tahti mengecek kondisi sel tahanan di Mapolsek Pagaralam Utara. (FOTO: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Tak ingin kecolongan, baik di polres ataupun di polsek, Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH melaksanakan pengecekan keamanan sel tahanan yang ada. Hal ini menyikapi peristiwa tahanan kabur dari sel Polsek Sukarame, Palembang dan Polsek Kikim Timur, Polres Lahat.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH Kamis (30/7) mengingatkan kepada petugas jaga tahanan untuk mengecek kondisi ruang tahanan dan jumlah tahanan secara berkala minimal setiap 1 jam sekali.

"Tujuannya tak lain untuk mememastikan kondisi tahanan tidak melakukan perbuatan atau aksi bunuh diri atau berusaha melarikan diri," ujar dia seraya mengatakan pihaknya juga menyerahan stimulus bantuan untuk harwat di sel tahanan.

Perwira melati dua itu juga menekankan, memeriksa barang-barang yang tidak boleh berada di dalam ruang tahanan.

Mencatat dalam mutasi setiap kegiatan yang berkaitan dengan tugas jaga tahanan serta memberikan kesempatan bagi tahanan untuk berolahraga ditempat yang sudah disediakan tetap dalam pengawasan petugas jaga tahanan. Serta meneliti dengan cermat surat perintah penahanan.

Sementara, pemeriksaan sel tahanan turut didampingi oleh Kasat Tahti Polres Pagaralam serta para kapolsek. Kapolsek Pagaralam Utara, AKP Herry Widodo SH mengatakan, atensi atau arahan kapolres segera ditindaklanjuti dengan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan sel tahanan.

"Jadi atensi Bapak Kapolda Sumsel melalui Kapolres, agar peristiwa tahanan yang kabur di Polsek Sukarami wilayah hukum Polresta Palembang dan Polsek Kikim Timur wilayah hukum Polres Lahat jangan sampai terjadi di wilkum Pagaralam," ujar AKP Herry Widodo.

"Ya itu tadi, kelayakan ruang penjagaan serta ruang sel tahanan harus diperhatikan. Jadi perhatian kita bersama khususnya bagi petugas piket penjagaan yang dilakukan personel," ungkap AKP Herry Widodo.

Pada kesempatan arahan sekaligus melihat langsung kondisi sel tahanan, Kapolres Pagaralam juga memberikan bantuan materi ke polsek untuk keperluan rehab ataupun perbaikan ruang penjagaan dan sel tahanan di Mapolsek Pagaralam Utara demi mencegah insiden tahanan kabur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES