Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Bantuan Ventilator dari Amerika Serikat Mulai Direalisasikan

Kamis, 30 Juli 2020 - 14:56 | 17.09k
Menlu Indonesia, Retno Marsudi menyaksikan bantuan ventilator AS kepada Indonesia. (FOTO: Kemenlu)
Menlu Indonesia, Retno Marsudi menyaksikan bantuan ventilator AS kepada Indonesia. (FOTO: Kemenlu)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA –  Komitmen Amerika Serikat membantu ventilator kepada Indonesia untuk penanganan Covid-19 mulai diwujudkan dengan menyerahkan 100 unit dari 1000 unit yang dijanjikan.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyaksikan penyerahan simbolis tahap pertama itu di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (28/07/2020).

Menlu-Retno-Marsudi-2.jpg

Bantuan itu merupakan komitmen Presiden Donald Trump yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada pembicaraan telepon pada tanggal 24 April 2020 yang lalu.

Penyerahan dilakukan Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedubes AS di Jakarta, Heather Variava kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi. 

Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Pemerintah AS dalam membantu Indonesia menanggulangi Covid-19

"Ada dua hal penting dalam proses ini. Pertama, serah terima ventilator merupakan contoh nyata kolaborasi dalam penanganan pandemi dan kedua adalah kerja sama RI – AS tidak berhenti disini, tetapi Indonesia dan AS akan memperkuat kemitraan strategis. Tidak hanya dalam soal penanganan Covid-19 saka, tetapi juga untuk mencegah krisis kesehatan di masa depan dan mendukung tata kelola kesehatan di tingkat regional dan global," kata Retno. 

KUAI Kedutaan Besar AS sendiri menyampaikan bahwa bantuan ventilator ini merupakan wujud kepedulian rakyat Amerika Serikat kepada Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES