Wisata

Inilah 7 Pesona Wisata Alam Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kamis, 30 Juli 2020 - 15:01 | 190.02k
Pesona Hewan Purba Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Pesona Hewan Purba Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu provinsi yang memiliki destinasi wisata yang luar biasa. Sebagai salah satu provinsi kepulauan di Indonesia, Nusa Tenggara Timur juga sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Tertarik untuk mengetahui keindahan destinasi wisata Nusa Tenggara Timur? Yuk simak  7 keelokan alam Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

1. Taman Nasional Komodo

Reptil-Komodo.jpgFOTO: dok. TIMES Indonesia

Taman Nasional Komodo adalah salah satu Taman Nasional terpopuler di Indonesia yang terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman seluas 173.300 hektar yang meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya. 

Tempat ini merupakan perlindungan habitat asli dari hewan purba komodo dragon yang terancam punah dari habitatnya serta keragaman hayati di dalamnya. Kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada tanggal 6 Maret 1980 dan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977 dan juga sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 serta pemenang New 7 Wonders pada tahun 2011.

2. Gunung Berapi Kelimutu

Gunung-Berapi-Kelimutu.jpgFOTO: Michael Day/Flickr.com

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia atau tepatnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna Kelimutu. Ketiga danau ini memiliki warna yang berbeda yaitu merah, biru dan putih.  Kawasan Gunung Berapi Kelimutu ini juga masuk dalam dataran tinggi terpopuler di Indonesia dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Di rerimbunan hutan di kawasan wisata NTT ini hidup berbagai spesies flora dan fauna. Sekitar 4,5 hektar kawasan di objek wisata NTT ini digunakan sebagai konservasi flora dan fauna tersebut. Dengan keindahan dan keunikan alam di Puncak Gunung Kelimutu yang sangat fenomena dan menakjubkan Kemenpar menganugrahi tempat ini sebagai dataran tinggi terpopuler di Indonesia dalam ajang anugerah pesona Indonesia 2019.

3. Ruteng, Negeri di Atas Awan

ruteng.jpgFOTO: http://worldisadisc.com/

Ruteng merupakan sebuah kota Manggarai di pulau Flores yang cukup berkembang. Kota Ruteng berada di kaki gunung Anak Ranaka dan memiliki potensi wisata yang cantik dan menarik. Ruteng mendapat julukan sebagai Kota Seribu Gereja karena banyaknya bangunan gereja di sana. Selain itu, Ruteng juga disebut sebagai “Negeri di Atas Awan” karena lokasinya berada di dataran yang cukup tinggi. 

4. Pulau Sebayur, Surga Bawah Laut

Pulau-Sebayur.jpgFOTO: pedomanwisata.com

Salah satu pulau yang dapat dikunjungi untuk menyelam dan menikmati pesona bawah laut adalah Pulau Sebayur yang menyimpan beragam biota laut. Terdapat pula beberapa titik diving yang indah dengan karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa spot diving yang menyajikan pemandangan indah di antaranya Castle Rock, Batu Bolong dan Crystal Rock.

5. Pulau Alor

Pulau-Alor.jpgFOTO: ksmtour.com

Pulau Alor merupakan sebuah pulau yang luasnya 2.119 kilometer persegi yg terletak di penghujung timur kepulauan Nusa Tenggara. Tempat wisata ini selain mempunyai keelokan alam yang dapat diperhatikan segera di daratan dan laut juga mempunyai keindahan alam bawah laut berbentuk ikan-ikan langka nan menarik serta karang dan tumbuh-tumbuhan laut yg begitu menarik dengan 18 titik selam yangg sangat menawan sehingga tidak salah jika Pulau Alor di sebut sebagai lokasi menyelam terkenal Indonesia dalam anugerah daya tarik Indonesia 2016.

6. Goa Batu Cermin

Goa-Batu-Cermin-2.jpgFOTO: labuanbajotour.com

Goa Batu Cermin pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh seorang Archaeology juga Pastor Belanda yang bernama Theodore Verhoven. Nama Goa Batu diberikan karena goa ini memiliki sebuah lubang di bagian atas yang menjadi tempat masuknya sinar matahari. Sinar tersebut kemudian mengenai permukaan air yang memantul di dinding batu dan merefleksikan bayangan air seperti cermin. 

7. Pantai Nihiwatu

Pantai-Nihiwatu.jpgFOTO: Travel Today

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu pantai yang sangat baik di Indonesia pada Karunia Pesona Indonesia 2016. Pantai yang berada di Pulau Sumba Barat, daerah Nusa Tenggara Timur ( NTT) tersebut juga berada di ranking 17 dari 100 pantai terpasti di dunia dan salah satu pantai di Indonesia yang masuk sebagai pantai paling baik di Asia.

Tertarik untuk menikmati fakta keistimewaan Nusa Tenggara Timur? Yuk segera luangkan waktu berlibur ke wilayah ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES