Peristiwa Nasional

Dawet Ayu Banjarnegara Masuk 10 Besar Minuman Tradisional Populer Indonesia

Rabu, 29 Juli 2020 - 10:24 | 228.14k
Dawet Ayu Banjarnegara. (instagram.com/madiunngemil)
Dawet Ayu Banjarnegara. (instagram.com/madiunngemil)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARADawet Ayu Banjarnegara Jawa Tengah berhasil masuk 10 besar nominasi API (Anugerah Pesona Indonesia) tahun 2020 untuk kategori Minuman Tradisional Populer Indonesia yang dihelat Kemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) tahun 2020.

Dawet Ayu Banjarnegara bersaing dengan sembilan nominasi dari seluruh nusantara. Atas raihan ini Bupati Budhi Sarwono, menyambut gembira dan menyempatkan diri untuk memberikan dukungannya melalui video di Pendapa Dipayuda Adigraha, Selasa (28/7/2020).

Menurut Bupati Budhi Sarwono, dawet ayu merupakan salah satu minuman tradisional asli, khas Banjarnegara. Dan kini dawet ayu sudah terkenal hampir di seluruh daerah di Indonesia. Maka bupati menyampaikan optimismenya untuk menang.

“Dawet Ayu harus menang. Perjuangan kita sudah lama, untuk mematenkan dan mengharumkan dawet ayu ini. Ini minuman asli, tradisi leluhur kita,” katanya optimis.

Dalam video berdurasi sekitar 1,5 menit tersebut Bupati memberikan testimoni serta meminta dukungan masyarakat untuk memenangkan minuman khas, yang dipercaya menjadikan awet muda itu.

“Saya Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara, mengajak seluruh warga Banjarnegara dan masyarakat Indonesia untuk mendukung dawet ayu. Mari kita dukung dawet ayu, supaya menjadi juara satu, Anugrah Pesona Indonesia,” katanya.

Budhi-Sarwono.jpgBupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat promosikan Dawet Ayu Banjarnegara. (FOTO: Kominfo/TIMES Indonesia)

Bupati juga meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selaku leading sector, untuk mengembangkan pariwisata secara inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini.

“Dawet ayu ini juga ikon pariwisata, yaitu wisata kuliner atau minuman khas Banjarnegara. Dan jaman sekarang, penting untuk melibatkan e-commerce berbasis teknologi informasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto, saat mendampingi bupati mengatakan, dengan masuknya dawet ayu Banjarnegara sebagai nominator API tahun 2020 kategori minuman tradisional terpopuler, pihaknya harus berjuang lebih keras.

“Perjuangan belum selesai, persaingan akan semakin sengit. Maka dari itu kami mengajak seluruh masyarakat Banjarnegara dari segenap elemen untuk ikut berpartisipasi memenangkan dawet ayu dalam ajang ini,” katanya.

Agung menerangkan, ada beberapa cara untuk mendukung antara lain dengan mengirimkan SMS, follow Instagram dan melalui kanal Youtube.

“Voting akan di mulai tanggal 1 Agustus 2020. Dukungan melalui SMS, caranya ketik : API spasi 2F dan kirim ke nomor 99386,” terangnya.

“Sementara untuk para millenial, bisa follow instagram @API Award,  pilih kategori minuman tradisional dawet ayu, kemudian klik tombol like atau love. Cari yang gambar Dawet Ayu Banjarnegara,” kata Agung.

“Dan bagi saudara yang suka nonton youtube, buka chanel API Award, pilih video nominasi dawet ayu, lalu klik tombol like dan subscribe, mudah kan?” tambahnya.

Dawet Ayu Banjarnegara melaju dengan sembilan nominasi lain dalam kategori Minuman Tradisional Populer Indonesia dalam ajang API 2020 yang digelar Kemenparekraf RI, yakni: Aek Sappang – (Kabupaten Sambas, Air Kembang Semangkok (Kabupaten Anambas), Air Mata Bejando  (Kabupaten Pelalawan), Ampiang Dadiah (Kota Bukittinggi), Bandrek  (Jawa Barat), Dawet Ayu Kab. Banjarnegara (Kode : API 2F), Kopi Semendo (Kabupaten Muara Enim), Sirup Henggi (Kabupaten Fakfak), Sirup Kayu Manis (Kabupaten Kerinci), dan Teh Gambir (Kabupaten Pakpak Bharat).  (*)

Edisi-Rabu-29-juli-2020-dawet-ayu.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES