Pendidikan New Normal Life 2020

Tetap Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa Petra Gelar Teater Online

Jumat, 24 Juli 2020 - 18:23 | 30.32k
Salah satu mahasiswa yang menampilkan teater dengan judul Favors (FOTO: Tangkapan layar)
Salah satu mahasiswa yang menampilkan teater dengan judul Favors (FOTO: Tangkapan layar)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Mahasiswa Program Studi English for Creative Industry (ECI) UK Petra menggelar pertunjukan teater online di tengah pandemi Covid-19. Dalam hal ini, kreativitas mahasiswa Petra tidak surut meski diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sebanyak 37 mahasiswa yang tergabung dalam kelas Acting for Stage dan 16 mahasiswa yang tergabung dalam kelas Stage Directing, harus melakukan pertunjukan teater musikal dari rumah masing-masing karena kondisi yang tidaj memungkinkan untuk bertemu.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Acting for Stage dan Stage Directing, Dr. Ribut Basuki, M.A mengatakan kegiatan ini biasanya dilaksanakan dengan offline di panggung Petra Little Theatre (PLT).

judul-Favors-2.jpg

"Awalnya saya tidak menyangka kondisi akan seperti ini, biasanya kedua kelas ini selalu tampil di panggung TLT kampus. Namun, karena kondisi tidak memungkinkan, para mahasiswa harus melakukan koordinasi, latihan, dan pertunjukan dari rumah," tutur dosen yang disapa Bas tersebut.

Lanjutnya, sebelum para mahasiswa yang tergabung dalam kelas Stage Directing, harus melakukan audisi secara online untuk mencari aktor-aktor yang akan berperan dalam teater.

"Naskah yang mereka bawakan pun beragam, ada yang merupakan adaptasi dari karya musikal yang sudah ada, maupun ada juga yang membuat naskahnya sendiri. Setiap tampilan berdurasi 10-15 menit. Selama kurang lebih 3 bulan, para mahasiswa melakukan persiapan, mulai dari audisi hingga pertunjukan," teras Bas, Jumat (24/7/2020).

Menurut Bas, hal seperti ini merupakan hal yang baru dialaminya. Sehingga terdapat kendala serta tantangan yang harus dihadapi terutama dari segi teknis.

"Tidak semua mereka mempunyai jaringan internet yang baik, kemudian juga menyesuaikan framing kamera. Karena biasanya tampil di panggung, serta menjalin komunikasi antar teman sekelompok," kata Bas.

Ada dua tahap penilaian yang diberikan. Pertama, masing-masing kelompok mahasiswa Petra menampilkan teater online musikal secara langsung dengan menggunakan google meet. Kedua, untuk penilaian Ujian Akhir Semester (UAS), masing-masing kelompok merekam penampilan mereka. Mereka juga diperbolehkan untuk mengedit agar mendapatkan hasil yang maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES