Pendidikan

Inilah Tips Menumbuhkan Karakter Entrepreneur Anak dari Universitas Ciputra

Kamis, 23 Juli 2020 - 22:25 | 92.29k
Guru Besar Psikologi Konseling bidang keahlian khusus Psikologi Pernikahan dan Keluarga Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog (Foto: dok Prof Jenny)
Guru Besar Psikologi Konseling bidang keahlian khusus Psikologi Pernikahan dan Keluarga Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog (Foto: dok Prof Jenny)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Guru Besar Psikologi Konseling bidang keahlian khusus Psikologi Pernikahan dan Keluarga Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog memberikan tips kepada orang tua dalam menumbuhkan karakter entrepreneur anak selama di rumah.

Prof Jenny menjelaskan bahwa komunikasi antar anak dan orang tua sangatlah dibutuhkan dalam pembentukan karakter anak.

“Komunikasi sangat diperlukan untuk membangun karakter anak, misalnya pada malam hari sebelum tidur anak dan orang tua cerita aktivitas hari itu. Meski sepele tetapi efeknya luar biasa untuk karakter anak,” tutur Prof Jenny.

Lanjutnya, hasil komunikasi antara orang tua dan anak tersebut nantinya bisa dijadikan goal (tujuan) dalam membentuk karakter enterepreneur pada anak agar mereka tidak bosan saat melakukan kegiatan di rumah.

“Hasil diskusi tersebut nantinya menjadi goal orang tua dalam menjalani aktivitas yang produktif,” ungkap Prof Jenny saat dihubungi TIMES Indonesia, Kamis (23/7/2020).

Dalam hal ini, Prof Jenny menegaskan bahwa bentuk apresiasi kepada anak sangat diperlukan dalam mendorong pembentukan karakter anak. Sehingga pada saat anak melakukan kegiatan yang dinilai produktif, apapun hasilnya tetap membutuhkan apresiasi.

“Seperti anak saat membuat kue, meski nanti hasilnya ada yang kurang pas bentuknya dan rasanya tetapi kita sebagai orang tua tetap mengapresiasi,” terang Prof Jenny.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional 2020, Prof Jenny berpesan kepada para orang tua di Indonesia yang sedang berjuang dalam membentuk karakter anak terlebih saat di tengah pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini anak-anak juga mengalami stress, mereka harus belajar di rumah secara daring. Maka anak-anak ini perlu pendampingan dan support untuk menghadapi masa-masa tidak enak ini. Jadi untuk para orang tua jangan hanya fokus pada dirinya bahwa mereka stress, ingat loh anak-anak kita juga merasakannya,” tutup Prof Jenny, Guru Besar Psikologi Konseling bidang keahlian khusus Psikologi Pernikahan dan Keluarga Universitas Ciputra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES