Peristiwa Daerah

Bupati Cirebon Upayakan Pengurusan KTP Hanya di Kecamatan

Kamis, 16 Juli 2020 - 22:13 | 25.59k
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. (Foto: Devteo MP/ TIMES Indonesia)
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. (Foto: Devteo MP/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Keinginan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi untuk mempermudah pelayanan KTP bagi masyarakat, sepertinya cukup menggebu-gebu. Pasalnya, dibeberapa kesempatan, Ia selalu membahas terkait keinginannya mempermudah proses pengurusan KTP hanya di tingkat kecamatan.

Hal tersebut juga disampaikan bupati, saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Losari. Imron menuturkan, bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mempermudah pengurusan KTP, hanya sampai kecamatan saja.

"Nanti tidak usah ke kabupaten lagi, tapi cukup di kecamatan saja," kata Imron, Kamis (16/7/2020).

Untuk merealisasikan hal tersebut, Pemkab Cirebon sudah bekerja sama dengan Telkom, untuk bisa memfasilitasi internet di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Imron mengatakan, dengan adanya akses internet di seluruh wilayah di Kabupaten Cirebon, nantinya akan mempermudah pendataan dan juga proses pelayanan kepada masyarakat.

"Karena pendataan bantuan dan lainnya, sumbernya itu dari KTP. Sehingga ini sangat penting sekali," kata Imron.

Imron juga membahas masih adanya keakuratan data penduduk yang dinilai masih rendah, saat proses penerimaan bantuan dari pemerintah. Menurut Imron, carut marut data tersebut, akibat banyaknya data yang tidak sama antar instansi.

Oleh karena itu, dengan terfasilitasinya akses internet di seluruh Kabupaten Cirebon, nantinya Pemkab Cirebon akan menerapkan single data. Sehingga hanya ada satu data, terkait data kependudukan dan lainnya.

"Kita akan membuat data terpadu satu pintu. Sehingga nanti, tidak ada lagi data desa beda dengan kecamatan dan juga instansi lainnya," kata Imron.

Bupati menyebutkan, bahwa kunjungan kerjanya ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Cirebon, untuk bisa melihat secara langsung potensi dan problem yang sedang dialami oleh wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja ini, pihaknya nantinya bisa membuat kebijakan berdasarkan masukan yang diterima langsung dari bawah. "Agar kita bisa bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon," ujar Bupati Cirebon Imron. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES