Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Pemkot Cirebon Umumkan 4 Orang Nakes Puskesmas Positif Covid-19

Kamis, 16 Juli 2020 - 22:10 | 28.18k
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBONPemkot Cirebon mengumumkan secara resmi terkait dengan kasus positif Covid-19 yang menimpa empat tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Gunungsari Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan 4 Nakes Puskesmas Gunungsari yang positif Covid-19 setelah mengikuti tes swab massal beberapa hari yang lalu.

Setelah hasil atas tes swab massal itu, tepat kemarin Rabu (15/7/2020) hasil tes swab massal tersebut keluar yang hasilnya empat orang nakes di Puskesmas Gunungsari dinyatakan positif Covid-19.

"Kasus ini diketahui sebelumnya kita lakukan tes swab massal terhadap tenaga kesehatan, kemarin hasilnya keluar dan diketahui 4 orang tenaga kesehatan positif Covid-19," ungkapnya, Kamis (16/7/2020).

Dari keempat orang itu, dua orang diantaranya berasal dari Kabupaten Cirebon dan dua orang lainnya berasal dari Kabupaten Kuningan.

"Dua dari Kabupaten Cirebon dan dua dari Kabupaten Kuningan, cuma satu orang yang dari Kuningan memang numpang di Puskesmas," ujarnya.

Hasil tracing (kontak erat) dari keempat orang nakes positif Covid-19 dikatakannya sebanyak 99 orang dan sudah dilakukan pemeriksaan swab.

"Hasil swab nya akan keluar nanti hari sabtu dari orang-orang hasil tracing yang kita lakukan," bebernya.

Dengan adanya kasus positif Covid-19 yang menimpa empat nakes di Puskesmas Gunungsari, pihaknya mengambil keputusan untuk menutup sementara pelayanan hingga hari Sabtu mendatang guna dilakukan karantina dengan penyemprotan disinfektan.

"Kalau nanti sabtu ditemukan ada yang positif dari hasil tracing, maka kita akan menutup sementara Puskesmas selama 10 hari ke depan, mengingat masa inkubasi virus kita ketahui sebanyak 14 hari," ucap Edy.

Pemkot Cirebon berharap agar masyarakat tidak panik, karena sampai sejauh ini pemerintah sudah bisa menangani secara profesional penanganan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES