Peristiwa Daerah

Puskesmas Gondokusuman Yogyakarta 1 Buka Layanan Konsultasi Online

Kamis, 16 Juli 2020 - 19:25 | 370.00k
Puskesmas Gondokusuman 1 kota Yogyakarta membuka layanan konsultasi online. (FOTO: Pemkot Yogyakarta for TIMES Indonesia)
Puskesmas Gondokusuman 1 kota Yogyakarta membuka layanan konsultasi online. (FOTO: Pemkot Yogyakarta for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat wajib menerapkan social dan physical distancing. Nah, untuk tetap memberikan layanan, Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta membuat inovasi. Yakni, membuka layanan konsultasi dalam jaringan atau online melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Kepala Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta, dr Fransisca Bambang mengatakan, layanan konsultasi online adalah untuk menjawab keresahan masyarakat yang masih takut untuk datang ke puskesmas. Layanan tersebut sudah dimulai sejak awal Juli.

"Layanan ini juga untuk memfasilitasi masyarakat yang mungkin ada keluhan namun takut datang ke puskesmas. Ini juga mengurangi resiko bagi mereka yang sakitnya tidak terlalu berat agar tidak terpapar di puskesmas," kata dr Fransisca Bambang, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, jika layanan konsultasi online ini bisa untuk konsultasi tentang berbagai masalah kesehatan. "Nanti lewat admin dan di jawab oleh petugas kesehatan sesuai bidangnya. Ada dokter umum, dokter gigi, bidan, ahli gizi, psikolog dan petugas kesling," imbuh dr Fransisca Bambang.

Untuk jadwal pelayanan layanan konsultasi online tersebut, masyarakat bisa mengaksesnya pada hari Senin hingga Kamis pada pukul 08.00 – 12.00 WIB, sementara untuk hari Jumat dan Sabtu bisa diakses pada pukul 08.00 – 10.00 WIB.

"Caranya ketik KRING/nama/NIK/NoBPJS/alamat/politujuan/keluhan dan kirim ke nomor 0812-8367-5688, data dari pasien kami jamin kerahasiannya," tambah dr Fransisca Bambang.

Pada kesempatan ini, dr Fransisca juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lupa untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Saat datang ke puskesmas, tetap terapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum masuk ke puskesmas, memakai masker serta menerapkan physical distancing," ujar Kepala Puskesmas Gondokusuman 1 Kota Yogyakarta, dr Fransisca Bambang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES