Wisata

Ini 7 Fakta Keistimewaan Sumatera Barat, dari Rendang Legendaris hingga Sekolah Negeri Termewah

Kamis, 16 Juli 2020 - 02:08 | 464.57k
ILUSTRASI - Keindahan Jembatan Akar di sebelah selatan Kota Padang, Sumatera Barat. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Keindahan Jembatan Akar di sebelah selatan Kota Padang, Sumatera Barat. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, PADANG – Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang menjadi salah satu tempat yang layak untuk dijelajahi. Terdapat keunikan yang layak diketahui para traveler sebelum datang ke Kota ini.

Hal-hal unik ini terdiri dari berbagai macam hal dari Kota yang pernah menjadi Ibu Kota Republik Indonesia, hingga jam yang mirip dengan Ikan Bilih. Berikut 7 hal unik yang terdapat di Sumatera Barat. 

1. Bukittinggi Pernah menjadi Ibu Kota Negara saat masa PDRI

Tak hanya Yogyakarta dan Jakarta, satu kota di Sumatera Barat juga pernah menjadi ibukota negara yakni Bukittinggi. Kota yang melahirkan banyak pahlawan nasional ini sempat menjadi ibukota negara pada saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) ketika terjadinya agresi militer Belanda II tahun 1948.

Ketika itu, Indonesia dipimpin oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara, menggantikan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta yang sedang dalam tahanan Belanda.

2. Angkot Mewah Seperti Mobil Balap

Angkot (Angkutan Kota) merupakan transportasi konvensional yang menjadi sarana umum di setiap daerah. Berbeda dengan angkot di daerah lainnya, ada angkot yang mirip seperti mobil balap. Tak hanya dilengkapi fairing dan bumper mobil, ketika masuk ke dalam angkot penumpang akan disajikan dengan musik berbagai aliran bak konser.

3. Makanan Rendang yang Populer di Dunia

Sumatera Barat sangat indentifik dengan menu masakan Padang, Rendang. Rasanya yang kaya rempah, membuat orang luar negeri pun mengakui salah satu kuliner mereka yang bernama Rendang menjadi salah satu sajian paling lezat di dunia. Bahkan beberapa saat lalu, Chef Eropa, Gordon Ramsay sempat datang langsung untuk mengetahui resep dan cara memasak rendang.

4. Ada Sekolah Negeri Termewah

Gempa Padang beberapa waktu yang lalu memang menyisakan luka. Dampak gempa ini bisa dibilang membawa berkah karena banyak infrastruktur baru yang dibangun dan makin megah. Salah satunya adalah SMA Negeri 1 Padang yang konon biaya pembuatannya mencapai Rp 38 miliar.

Sekolah mewah ini, terlihat tampak menakjubkan dilihat dari banyak aspek. Mulai bangunannya yang megah, fasilitasnya yang lengkap dan luasnya yang tak karuan. Sekolah ini mungkin bisa dibilang yang paling keren se-Indonesia. Tak hanya dari segi fisik, sekolah ini juga memiliki prestasi di level internasional.

5. Jembatan Akar atau Titian Aka yang Berusia 100 Tahun

Titian Aka atau jembatan akar ini menjadi objek wisata yang sudah berusia sekitar 100 tahun. Jembatan yang melegenda, jembatan ini dibangun di atas sungai Batang Bayang dengan menghubungkan kedua akar pohon beringin besar yang bersebarangan. Menurut cerita, jembatan ini dahulunya dibangun oleh seseorang yang bernama Pakih Sokan pada tahun 1890. Jembatan unik yang hanya ada di Sumatera Barat ini baru mulai digunakan pada 1916. Jika berwisata di ke SumBar, kamu juga bisa mampir kesini dan menikmati keindahan alam.

Selain itu, SumBar juga memiliki deretan wisata yang sudah dikenal akan keindahannya. Para wisatawan juga bisa bermain di garis pantainya yang menawan, atau mungkin main paralayang di bukit-bukit mereka yang fenomenal itu. Salah satunya, Bukit Nobita. Bukit Nobita sendiri karena tempat ini benar-benar mirip dengan yang kita lihat di serial Doraemon yakni bukit belakang sekolah.

7. Ikan Bilih Danau Singkarak

Selain rendang, menu kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Sumatera Barat adalah ikan Bilih. Ikan endemik berwarna perak pipih yang hanya hidup di danau Singkarak dan Maninjau saja, tidak ada di tempat lain. Ikan kecil ini paling enak jika dimasak dengan cara digoreng dan ditambah dengan sambal lado.

Tertarik untuk menikmati suasana dan keunikan tentang Sumatera Barat, yuk segera luangkan waktu berlibur ke wilayah ini. (*)

Edisi-Kamis-16-juli-2020-sumbar.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES