Peristiwa Daerah

BK DPRD Kota Cirebon Segera Tindaklanjuti Polemik Penghapusan Kata 'Khilafah'

Rabu, 15 Juli 2020 - 18:23 | 29.69k
Tangkapan layar suasana pembacaan ikrar sumpah setia Pancasila.(Foto: Tangkapan layar social media)
Tangkapan layar suasana pembacaan ikrar sumpah setia Pancasila.(Foto: Tangkapan layar social media)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Badan kehormatan (BK) DPRD Kota Cirebon segera menindaklanjuti polemik penghapusan kata 'khilafah' saat pembacaan ikrar setia terhadap Pancasila dan NKRI yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Cirebon saat menerima pengunjuk rasa Forum Cirebon Bersatu pada Senin (6/7/2020) lalu.

Menurut Ketua BK DPRD Kota Cirebon, Yuliarso, hal ini merupakan permintaan dari 9 fraksi partai yang duduk di kursi DPRD, demi menjaga wibawa dan marwah DPRD.

"Sesuai rapat pimpinan kemarin, semuanya ingin agar permasalahan tersebut diselesaikan, BK akan mengklarifikasi kepada pihak-pihak supaya tidak saling menyalahkan," jelasnya, Rabu (15/7/2020).

Yuliarso melanjutkan, apa yang dilakukan oleh BK ini adalah untuk mengamankan lembaga DPRD, tidak membawa-bawa masalah pribadi maupun masalah partai. Apalagi dari isu yang berkembang, DPRD Kota Cirebon dituduh sebagai sarang teroris disusupi radikal dan lain-lain.

Sebab menurutnya, lembaga DPRD ini harus dinjunjung tinggi dan diselamatkan, karena sejauh ini isu yang berkembang sudah viral skala nasional, sehingga DPRD Kota Cirebon dituduh sarang teroris disusupi radikal dan lain-lain.

"Karena itu kita cari tahu kronologisnya seperti apa sampai ketemu benang merahnya," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Yuliarso, untuk sementara pihaknya akan fokus pada investigasi di internal, belum akan melebar ke penelusuran terkait penyebaran video yang viral untuk mengetahui motif dari penguploadnya.

"BK bisa memberikan rekomendasi sanksi yang berjenjang. Mulai dari teguran lisan, tertulis, bahkan bisa hingga mengeluarkan rekomendasi kepada partai asal anggota DPRD untuk dilakukan pergantian antar waktu," tutur Ketua BK DPRD Kota Cirebon.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES