Peristiwa Daerah

Sekda Banjarnegara Serahkan Aplikasi Sisdes ke 12 Kelurahan

Rabu, 15 Juli 2020 - 17:23 | 41.99k
Sekda Banjarnegara Drs Indarto MSi menyerahkan aplikasi sisdes ke 12 Kelurahan. (FOTO: Kominfo/TIMES Indonesia)
Sekda Banjarnegara Drs Indarto MSi menyerahkan aplikasi sisdes ke 12 Kelurahan. (FOTO: Kominfo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARASekda Banjarnegara Jawa Tengah, Drs. Indarto, M.Si,  Rabu (15/7/2020) menyerahkan aplikasi sisdes dari Ultranesia Purwokerto kepada  12 kelurahan se Kabupaten Banjarnegara, di Aula Sasana Karya Praja Setda.

Apalikasi sisdes merupakan platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa / kelurahan. Aplikasi ini merupakan hibah yang diberikan oleh Ultranesia Purwokerto kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara senilai Rp 97.000.000.

Sekda-Banjarnegara-2.jpg

Sekda Banjarnegara Drs. Indarto, MSi  menyampaikan terimakasih kepada Direktur Ultranesia yang telah menghibahkan Aplikasi Sisdes untuk mendukung pelayanan administrasi di 12 kelurahan di Banjarnegara

“Semoga partisipasi saudara dapat meningkatkan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara kepada masyarakat,” katanya

Menurut Sekda Indarto, seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kesadaran masyarakat maka tuntutan masyarakat akan pelayanan yang cepat dan berkualitas menjadi hal yang wajar dan pemerintah wajib berupaya untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut.

Menurutnya, desa/kelurahan merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, sehingga dengan perkembangan teknologi dan dukungan regulasi yang ada, sangat memungkinkan desa/kelurahan khususnya di Kabupaten Banjarnegara untuk berkembang dengan pesat baik secara pembangunan fisik maupun terkait administrasinya.

Menurutya, beberapa desa di Kabupaten Banjarnegara, telah membangun aplikasi yang terkoneksi dengan Dindukcapil Banjarnegara dalam hal pemanfaatan data penduduk, sehingga pelayanan kepada penduduk menjadi lebih mudah, cepat dan akurat, karena data penduduk tidak lagi di input secara manual tetapi langsung mengambil data terupdate dari Dindukcapil.

Fariz Sidik, Direktur Ultranesia Purwokerto mengatakan Sisdes untuk kelurahan berbeda dengan Sisdes desa, kalau Sisdes desa menyediakan menu update berita dan info, publikasi produk desa serta layanan pelayanan surat, sedangkan Sisdes kelurahan hanya fokus pada pelayanan data kependudukan.

Sisdes kata Fariz Sidik merupakan aplikasi yang berfokus pada pelayanan administrasi di tingkat desa dan kelurahan, aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan permohonan surat pindah, surat nikah dan surat menyurat lainnya.

Dijelakan oleh Fariz dengan aplikasi sisdes surat-surat tersebut terekam, terdigitalisasi dan terarsip dalam sistem database. Selain itu penomoran surat juga terbuat otomatis sehingga mengurangi duplikasi dan redenominasi penomoran surat.

“Dengan aplikasi sisdes pelayanan surat lebih cepat, dengan hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan kita dapat mengajukan pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi tersebut,” katanya.

Aplikasi ini juga sudah melalui tahap uji coba dan telah diterapkan di beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Banjarnegara.

Dengan dihibahkannya aplikasi sisdes ini dia berharap agar seluruh keluruhan dapat lebih mudah mengakses data dari dindukcapil sehingga dapat mendukung pemanfaatan pelayanan  data kependudukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES