Kesehatan

Jangan Malas Bangun Pagi, Ini Lho Manfaatnya

Rabu, 15 Juli 2020 - 05:34 | 101.78k
Ilustrasi - Manfaat bangun pagi (FOTO: Freepik/jcomp)
Ilustrasi - Manfaat bangun pagi (FOTO: Freepik/jcomp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk para pekerja, bangun pagi bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mereka harus pergi bekerja tepat waktu di pagi hari agar tidak terlambat. Namun bagi mereka yang kerja di siang hari atau sore hari, bangun pagi menjadi tantangan tersendiri. Bangun pagi bukanlah tanpa manfaat. Banyak manfaat bangun pagi untuk kehidupan kita.

Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi, dilansir dari Kompas.

1. Membuat orang lebih sukses

Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

2. Lebih bahagia

Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari.

Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi.

3. Tubuh lebih sehat dan bugar

Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat.

Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas.

4. Lebih produktif

Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. Hal ini karena orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi.

5. Mental lebih sehat dan positif

Orang yang bangun lebih pagi memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang lebih optimis. Mereka juga lebih mudah merasa puas.

Sementara itu orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

Memang tak semua orang bisa bangun pagi hari. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat bangun pagi, kamu sebaiknya mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi, atau setidaknya menyempatkan diri bangun di pagi hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES