Peristiwa Daerah

Purru Lamananga, Ritual Warga Sumba Meminta Hujan Kepada Sang Pencipta

Selasa, 14 Juli 2020 - 22:56 | 111.27k
Sejumlah tokoh adat Sumba saat berada di pesisir pantai dalam melaksanakan Ritual Purru Lamananga untuk memohon curah hujan. (FOTO: Yudi Rawambaku)
Sejumlah tokoh adat Sumba saat berada di pesisir pantai dalam melaksanakan Ritual Purru Lamananga untuk memohon curah hujan. (FOTO: Yudi Rawambaku)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Pelaksanaan Ritual Purru Lamananga merupakan wujud pengakuan pemeluk aliran penghayat kepercayaan Marapu orang Sumba di Dusun Kamarru, Desa Tanamanang, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur NTT.

“Ritual itu adalah percaya terhadap Tuhan yang Maha Esa yang bertujuan untuk memohon kepada Mawulu Tau atau Sang pencipta agar diberikan curah hujan yang cukup,” kata Budayawan Sumba Yudi T. Rawambaku, Selasa (14/7/2020).

Ritual-Purru-Lamananga.jpg

Ia menjelaskan, Ritual Purru Lamananga diawali dengan musyawarah seluruh Kabihu (Marga) yang menjalankan ritual untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan ritual.

“Jadi secara umum ritual itu diawali dengan Hamayang atau Doa di Katoda yang bertujuan sebagai pengakuan akan segala kesalahan dan pelanggaran yang mereka lakukan kepada Sang pencipta dengan diikuti dengan permohonan agar Sang pencipta berkenan mengampuni dan mensucikan agar layak untuk dilaksanakan ritual,” ungkapnya.

Ritual-Purru-Lamananga-2.jpg

Setelah itu menurut Yudi, keesokan harinya mereka menuju ke muara untuk memohon curah hujan dengan masing-masing pimpinan Kabihu (Marga) mempersembahkan potongan emas yang disimpan dalam Kenoto sambil mengungkapkan segala pelanggaran yang telah dibuat serta memohon ampunan.

Ritual-Purru-Lamananga-3.jpg

“Ritual ini luar biasa, saat disaksikan Staf Dinas Pariwisata dan Budaya Sumba Timur, selepas ritual Purru Lamananga langsung curah hujan turun lebat yang disertai petir dan gemuruh guntur yang terjadi di Kampung Kamarru dan sekitarnya,” terang Yudi Rawambaku. (*) 

Edisi-Rabu-15-juli-2020-ritual-sumba.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES