Peristiwa Nasional

Sebanyak 16 Orang Dinyatakan Reaktif Rapid Test oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Taliabu

Selasa, 14 Juli 2020 - 19:07 | 77.94k
Tim Gugus Taliabu Saat melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Bobong Taliabu (Foto: Husen Hamid/TIMES Indonesia)
Tim Gugus Taliabu Saat melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Bobong Taliabu (Foto: Husen Hamid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU TALIABU – Tim gugus tugas (Gustu) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara mengonfirmasi adanya 16 orang yang dinyatakan reaktif setelah melakukan tes cepat Covid-19 (rapid test) pada Jumat (10/7/2020) lalu.

Satu diantaranya seorang penumpang kapal Al-Sudais, Dirinya  terkonfirmasi setelah melakukan rapid test di pelabuhan Bobong, ia diketahui baru saja melakukan perjalanan dari kota Ternate.

Humas Gustu Taliabu  Aema mengatakan selain penumpang yang baru tiba di Ternate, beberapa diantaranya yang dikatakan reaktif adalah warga lokal.

BNPB-1.jpg

"Iya ada yang reaktif, reaktif pertama itu adalah penumpang yang di rapid test di dermaga,  dia baru saja datang dari Ternate. Selain itu  ada juga warga lokal yang reaktif Karena terpapar oleh orang-orang yang baru datang dari zona merah," kata Aema Selasa (14/7/2020).

"Hasil rapid test tidak menyatakan positif atau negatif. Dia menyatakan reaktif dan nonreaktif, itu  artinya belum positif. Kita menunggu pemeriksaan swab," tambahnya.

Sementara itu, Sekertaris Gustu Taliabu Sutomo Taepon kepada Times mengatakan, 16 orang yang dinyatakan reaktif 7 diantaranya telah melakukan karantina di penginapan yang disediakan tim Gustu.

BNPB-2.jpg

"Tadi malam itu ada 7 yang dikarantina di penginapan yang telah kami siapkan. Yang lain itu hasil pemeriksaan baru keluar tadi, jadi kami berharap mereka mau melaksanakan protokol kesehatan yakni karantina dan jangan melakukan kontak dengan pihak keluarga atau tetangga," kata Sutomo.

Sutomo berharap warga Taliaabu khususnya Bobong dan Wayo agar melaksanakan protokol kesehatan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Harap saya warga Taliabu, terutama yang di ibu kota agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak dan jaga kebersihan. Agar kita bisa sama-sama memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Taliabu," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES