Peristiwa Daerah

Kelurahan Majasari, Kawasan Kreatif New Normal di Prabumulih Binaan Pertamina EP

Selasa, 14 Juli 2020 - 18:45 | 243.92k
Kawasan Kreatif New Normal Majasari Kota Prabumulih, Sumsel (FOTO: SKK Migas)
Kawasan Kreatif New Normal Majasari Kota Prabumulih, Sumsel (FOTO: SKK Migas)

TIMESINDONESIA, PRABUMULIH – Kelurahan Majasari, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan dinobatkan sebagai kawasan kreatif New Normal oleh Pertamina EP. Sebagai apresiasi perwakilan, TP PKK dan TP Kelurahan Majasari memberikan hadiah kepada pemenang lomba kawasan kreatif menuju new normal di Majasari, Selasa (14/7/2020).

Dalam momen ini juga SKK Migas - Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Prabumulih dan TP PKK Kota Prabumulih meresmikan Kelurahan Majasari sebagai kawasan kreatif new normal di Kantor Lurah Majasari, Kecamatan Prabumulih Selatan, Prabumulih.

Kawasan-Kreatif-New-Normal-Majasari-Kota-Prabumulih-2.jpg

Pembentukan kawasan kreatif new normal ini merupakan program rehabilitatif dari dari Pertamina EP dan Pemerintah Kota Prabumulih setelah periode sebelumnya melaksanakan program reaktif atas terjadinya pandemi Covid-19.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa pada masa awal terjadinya pandemi telah dilaksanakan program yang bersifat reaktif seperti pemberlakuan PSBB, bantuan hand sanitizer, masker, desinfektan, APD Medis, Westafel Portable, Sembako dan lain-lain.

Setelah adanya pemberlakuan new normal, tentu menjadi tantangan baru bagi seluruh masyarakat karena kegiatan ekonomi, pendidikan, pertanian, dan kemasyarakatan sudah mulai berjalan namun dengan melaksanakan protokol new normal yang telah diatur pemerintah.

PT Pertamina EP Asset 2 CSR Analyst Imam Maulana mengatakan bahwa Pertamina EP dan Pemeritah/TP PKK Kota Prabumulih ingin menjadikan Majasari sebagai kawasan percontohan yang menerapkan new normal dengan diawali melaksanakan lomba kawasan kreatif new normal.

"Dalam kompetisi kawasan kreatif new normal Majasari ini diikuti oleh 20 peserta di Majasari. Setiap peserta akan mengajukan kawasan yang menjadi percontohan new normal, kawasan tersebut terdiri mulai dari gerbang masuk/gapura, rumah, taman, kebun, dan pekarangan,"ungkap Imam.

Adapun juara 1 pada kompetisi ini dimenangkan oleh RT 03 RW 04 dengan hadiah Uang Pembinaan sebesar Rp7.000.000,-, sedang Juara 2 dimenangkan RT 03 RW 01 dengan hadiah Uang Pembinaan sebesar Rp 5.000.000,- dan Juara 3 dimenangkan RT 02 RW 91 dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,-.

Kawasan-Kreatif-New-Normal-Majasari-Kota-Prabumulih-3.jpg

Sementara, Lurah Majasari Inggit Damayanti mengatakan dalam kompetisi ini aspek yang menjadi penilaian diantaranya tingkat pemahaman masyarakat terhadap pandemi covid-19. Kemudian protokol pencegahan dan penanggulangan covid-19, pemahaman protokol new normal pemerintah.

Seperti ketersediaan tempat cuci tangan di setiap rumah, pemanfaatan lahan kosong di pekarangan dan di kawasan sekitar menjadi kebun, taman obat, serta budidaya ikan, atau segala hal yang terkait ketahanan pangan, serta praktik UMKM dan ekonomi kecil lainnya yang dilaksanakan dari rumah.

Lurah Majasari Inggit mengaku bersyukur dengan apresiasi ini. "Alhamdulillah kegiatan lomba kawasan kreatif menuju new normal telah selasai dilaksanakan," ujarnya.

Selaku Lurah Majasari, Kota Prabumulih ia mengucapkan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada PT Pertamina EP dan SKK Migas. "Semoga kerjasama ini dapat berkelanjutan di masa yang akan datang dan dapat terus mensupport kegiatan yang ada di wilayah Kelurahan Majasari," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES