Ekonomi

Pemkab Sumba Timur akan Fokus Benahi Produk Industri Kecil Menengah

Selasa, 14 Juli 2020 - 16:44 | 55.29k
Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Kabupaten Sumba Timur NTT Frida M. Yiwa. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Kabupaten Sumba Timur NTT Frida M. Yiwa. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPUPemkab Sumba Timur NTT melalui Dinas Perdagangan Kabupaten Sumba Timur akan kembali fokus benahi produk di bidang Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai salah satu bagian dari industri yang berpotensial.

“Kami akan fokus benahi IKM ini karena salah satu kendala IKM adalah penampilan dari kemasan produknya. Dan saat ini kami juga sedang mengupdate sejumlah UMKM yang ada di Sumba Timur,” kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Kabupaten Sumba Timur Frida M. Yiwa Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, kemasan produk masih sederhana disebabkan beberapa faktor diantaranya keterbatasan pengetahuan dan wawasan pengusaha IKM tentang kemasan dan terbatasnya ketersediaan bahan kemasan serta berlakunya order.

“Kondisi ini bisa menyebabkan produk IKM menjadi kurang menjual padahal kualitas dan mutu produk cukup bagus,” ujarnya.

Frida juga menjelaskan, awalnya produk-produk kerajinan industri kecil di Sumba Timur berasal dari tradisi adat budaya yang berkembang seperti tenun ikat, anyaman, ukir-ukiran batu (Penji) dan makanan khas yang berbahan lokal.

“Industri kecil ini cenderung masih melayani kebutuhan lokal di pasaran sekitarnya di samping itu juga daya beli masyarakat masih kurang,” tuturnya.

Frida menambahkan, pengembangan industri kecil menengah oleh pemkab Sumba Timur ini diharapkan dapat mengembangkan usaha industri kecil dan menengah yang merupakan bagian dari sasaran Pemkab Sumba Timur dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.     

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES