Peristiwa Internasional

Matahari Melintas Lagi di atas Kakbah Pekan Ini, Yuk Cek Kembali Arah Kiblat

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:32 | 21.67k
Ilustrasi. (FOTO: Kemenag RI)
Ilustrasi. (FOTO: Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Matahari akan kembali melintas di atas Kakbah pekan ini. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag RI, Agus Salim menjelaskan, berdasarkan data astronomi, peristiwa alam ini akan terjadi Rabu dan Kamis, 15-16 Juni 2020 sekira pukul 16.27 WIB.

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah. Secara tanggal dan waktu, kejadian ini sama dengan peristiwa pada tahun 2018 lalu," ujar Agus Salim di Jakarta, dikutip melaluo keterangan resmi, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal juga dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, waktu Matahari di atas Kakbah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat. “Peristiwa yang sama terjadi juga pada 27 dan 28 Mei 2020 yang lalu,” urai dia.

Momentum ini, dikatakan  Agus Salim, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Dijelaskan Agus Salim, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat, meliputi: benda yang menjadi patokan harus benar-benar dipastikan berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul.

Lalu, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata. Dan terakhir, hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat menyusul peristiwa matahari melintas tepat di atas Kakbah adalah jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES