Peristiwa Daerah

Status Gunung Api Dempo Masih Aktif Normal

Selasa, 14 Juli 2020 - 12:56 | 17.61k
Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Megian Nugraha memeriksa hasil sesmograf (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Megian Nugraha memeriksa hasil sesmograf (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Pos Pemantau Gunung Api Dempo memastikan, kondisi terkini Gunung Api Dempo (GAD) masih berada di level I atau aktif normal belum mengalami perubahan status, sedangkan Gunung Merapi di Yogyakarta beberapa waktu lalu mengalami erupsi letusan.

Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Megian Nugraha Selasa (14/7/2020) mengatakan, berdasarkan rekaman alat seismograf, GAD menunjukkan penurunan kegempaan, mulai dari embusan, vulkanik dalam, vulkanik dangkal, vulkanik jauh hingga nihil tremor.

“Meski kegempaan Gunung Api Dempo mengalami penurunan sejak dua pekan lalu, namun disarankan para pendaki tidak mendekati kawah Dempo, apalagi mendekati ataupun menaiki alat pemancar seismometer di bibir kawah Merapi-Dempo bisa membahayakan pasalnya aktifitas kegempaan gunung api dempo tdak termonitor dengan efektif,” tegas Megian.

Megian menjelaskan, tercatat seminggu terakhir ada sebanyak 6 kali gempa tektonik jauh bersumber dari gempa di pulau jawa beberapa waktu lalu, sedangkan gempa vulkanik dan tremor nihil sementara kondisi dikawasan puncak dempo berdasarkan pengamatan visual cerah terkadang berkabut.

 “Kondisi kekinian Gunung Api Dempo hingga beberapa waktu ke depan, kami belum bisa memastikan. Sebab fenomena alam tidak bisa ditebak sebelumnya. Terpenting, kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan atas segala kemungkinan yang terjadi terhadap gunung Dempo,” terangnya.

Megian menambahkan, berdasarkan kondisi yang ada, sejauh ini Gunung Api Dempo dikategorikan masuk bertipe A sama seperti Gunung Merapi lainnnya di Indonesia masih berpotensi membahayakan bagi siapapun yang berada didekat radius 3 kilometer. Juga zona berbahaya dari bibir kawah Dempo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES