Peristiwa Daerah

Ruang Kelas di Kota Malang Dipermak Jadi Hotel, Pihak Sekolah: Bukan Karena Covid-19

Selasa, 14 Juli 2020 - 12:50 | 68.73k
Ruang kelas SMKN 4 Malang yang dijadikan kamar hotel. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Ruang kelas SMKN 4 Malang yang dijadikan kamar hotel. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Salah satu sekolah negeri di Kota Malang, Jawa Timur merombak ruang kelasnya menjadi kamar hotel. Perubahan ini kemudian viral di media sosial. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang (SMKN 4 Malang) yang berada di Jalan Tanimbar, Klojen, Kota Malang itu terpasang papan nama RedDoorz.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Eko Wahyudi, mengatakan adanya hotel di sekolahnya itu bukan karena pandemi Covid-19. Namun, sekolah vokasi ini memang mempunyai jurusa perhotelan.

SMKN-4-Malang-2.jpg

"Faktanya memang tidak ada hubungannya dengan pandemi karena kita sudah punya hotel tahun lalu. Cuma branding RedDoorz muncul bulan ini. Jadi itu mungkin yang menjadi viral," tutur Eko saat ditemui, Selasa (14/7/2020).

Keberadaan hotel diperuntukkan laboratorium praktik siswa jurusan perhotelan. Lokasinya menyatu dengan gedung sekolah. Tepatnya di lantai dua dan tiga.

Ruang kelas yang didesain kamar hotel berbintang ini diseriusi pihak sekolah. Total ada 28 kamar. Setiap kamarnya dilengkapi dengan fasilitas TV, AC, kamar mandi dalam, dan fasilitas lainnya layaknya hotel berbintang.

Menurut Eko, penetrasi sekolah dengan menggandeng pihak swasta demi bisnis dan pendidikan diperbolehkan. Karena, kata dia, SMKN 4 Malang masuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Karena BLUD, kita diberi kewenangan untuk membuka usaha, yakni pelaporannya ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi," jelasnya.

Manajemen hotel di SMKN 4 Malang juga dilengkapi dengan karyawan khusus hotel. Teknisnya, siswa jurusan perhotelan juga turut menangani sekaligus praktek mengelola hotel hingga melayani pengunjung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES