Politik Pilkada Serentak 2020

Verifikasi Faktual Calon Perseorangan di Lamongan, Data TMS di Bawah 5 Persen

Selasa, 14 Juli 2020 - 12:42 | 39.64k
Proses verifikasi faktual berkas dukungan bakal calon perseorangan yang dilakukan petugas di tingkat desa. (FOTO: KPU Lamongan for TIMES Indonesia)
Proses verifikasi faktual berkas dukungan bakal calon perseorangan yang dilakukan petugas di tingkat desa. (FOTO: KPU Lamongan for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGANVerifikasi faktual terhadap berkas dukungan Suhandoyo-Muhammad Suudin, yang merupakan satu-satunya pasangan calon perseorangan Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Lamongan memasuki tahap rekapitulasi.

Berdasarkan tabulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, data dukungan yang masuk kategori Tidak Memenuhi Syarat (TMS) hanya di bawah 5 persen.

"Tabulasi data kami dari hasil verifikasi faktual yang TMS tidak sampai 5 persen," kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, Selasa (14/7/2020).

Meski demikian, KPU Lamongan masih menunggu hasil rekapitulasi dari seluruh kecamatan dan rekapitulasi di tingkat Kabupaten, untuk dapat memastikan pasangan tersebut lolos verifikasi faktual atau tidak.

"Saat ini masih nunggu hasil tahap rekap di tingkat kecamatan dantingkat kabupaten secara resmi terpenuhinya syarat minimal dukungan," tuturnya.

Lebih lanjut Mahrus mengatakan, proses rekapitulasi hasil verifikasi data dukungan perseorangan dilakukan selama 3 hari ke depan.

"Rekap akan berlangsung 3 hari, mulai hari ini.
Rata-rata mulai jam 13.00, ada juga yang mulai malam," ucap Mahrus.

Untuk diketahui, berkas dukungan yang diserahkan oleh pasangan calon perseorangan Suhandoyo-Muhammad Suudin kepada KPU Lamongan kurang lebih 92 ribu berkas. Sedangkan jumlah minimal dukungan yang harus dipenuhi oleh kandidat dari jalur perseorangan minimal 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau sebesar 68.673 dukungan dan harus tersebar minimal di 14 kecamatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES