Peristiwa Daerah

BPBD Bangkalan Ingatkan Masyarakat untuk Waspada Bencana Kekeringan

Selasa, 14 Juli 2020 - 11:28 | 28.00k
Ilustrasi kekeringan. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi kekeringan. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Madura, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana kekeringan.

Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim kemarau di wilayah Jawa Timur terjadi pada Juni-Agustus 2020.

"Termasuk di Kabupaten Bangkalan akan terjadi pada Juli 2020," terang Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, langkah-langkah strategis untuk mengatisipasi bencana kekeringan telah dilakukan. Seperti, pemetaan atau mapping daerah-daerah yang berpotensi terdampak kekeringan.

Termasuk, menyiapkan anggaran Tanggap Darurat Kekeringan untuk distribusi atau droping air bersih ke daerah-daerah yang terdampak bencana kekeringan.

"Kami juga berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait dan seluruh Camat untuk melakukan tindakan kewaspadaan," imbuh Rizal.

Hasil pemetaan tahun ini, lanjutnya, terdapat 85 desa yang tersebar di 13 kecamatan diprediksi terdampak kekeringan. Jumlah daerah terdampak, bertambah dibandingkan tahun 2019.

"Tahun lalu daerah terdampak kekeringan sebanyak 83 desa yang tersebar di 12 kecamatan," jelas Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES